Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Kuliner Toge Tauco Ibu Yayat Sukabumi,

Ramdani, Dinar and Hartini, Sri and Andria, Fredi (2021) Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Kuliner Toge Tauco Ibu Yayat Sukabumi,. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 HUBUNGAN KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA BISNIS KULINER TOGE TAUCO IBU YAYAT SUKABUMI DINAR RAMDANI 021114455.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dinar Ramdani, NPM 021114455. Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Kuliner Toge Tauco Ibu Yayat Sukabumi, Ketua Pembimbing Hj.Sri Hartini dan Komisi Pembimbing Fredi Andria. Setiap organisasi memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu mengembangkan dan meningkatkan perusahaan dari pesaing, untuk itu dibutuhkan kualitas produk yang baik dan dapat memenuhi kepuasan konsumen, salah satunya dengan cara mengevaluasi dan menganalilis seberapa kuat kualitas produk yang dihasilkan dan menguji apakah kualitas produknya sudah siap bersaing dengan perusahaan lain dan apakah kualitas produknya sudah memuaskan konsumen atau belum. Kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup perusahaan, dengan puasnya konsumen terhadap suatu produk maka diharapkan akan menciptakan peluang untuk menjadi pelanggan yang loyal. Upaya meningkatkan kualitas produk harus terus dilakukan agar memberikan kepuasan terhadap konsumen karena terdapat sebuah hubungan yang erat antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kualitas produk Toge Tauco Sukabumi (2) Untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen Toge Tauco Sukabumi (3) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada bisnis kuliner Toge Tauco Sukabumi yang beralamat Jalan masjid gunung parang Sukabumi. Penelitian ini dilakukan pada kedai Toge Tauco pada periode 2018-2020 sebagai sampel, kemudian penelitian mengenai hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen ini menggunakan data primer dan data sekunder, metode yang digunakan kuesioner, wawacara dan observasi kepada konsumen sebagai responden sebanyak 100 orang, sampel dipilih dengan menggunakan rumus slovin non probabilitas dengan dengan teknik insidental sempling dimana hanya orang yang secara kebetulan ditemui untuk dijadikan sampel. Data diuji dengan SPSS versi 23 dengan berbagai rangkaian metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis rank spearman, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil analisis deskriptif maka dapat diketahui bahwa tanggapan responden variabel kualitas produk memiliki rata-rata sebesar 73,3 %, dimana rata�rata tersebut berada pada interpal (60% -79%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk pada Toge Tauco Sukabumi baik, kemudian hasil analisis tanggapan responden variabel kepuasan konsumen memiliki rata-rata sebesar 79,1%, dimana rata-rata tersebut berada pada interpal (60% -79%) sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen puas terhadap Toge Tauco Sukabumi, selanjutnya analisis rank spearmen yang telah diuji dengan menggunakan SPSS versi 23 dapat diperoleh nilai sebesar r = 0,667 artinya hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada bisnis kuliner Toge Tauco Sukabumi memilki hubungan yang kuat, dengan koefisien determinasi sebesar 44,48% yang menunjukan besarnya kontribusi variabel kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Diperoleh hasil uji hipotesis koefisien korelas yaitu zhitung ≥ ztabel dengan nilai 6,73 ≥ 1,96 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian tedapar hubungan positif antara kualitas produk (X) dengan kepuasan konsumen (Y). Kata Kunci : Kualitas Poduk, Kepuasan Konsumen, hubungan antara keduanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen sumber daya manusia
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 13:32
Last Modified: 26 Aug 2022 13:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1001

Actions (login required)

View Item View Item