Pengaruh Agresivitas Pajak dengan Pendekatan Moderasi Ukuran Perusahaan Terhadap Realisasi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Terbuka Sub Sektor Food and Beverage) Tahun 2014-2018

Firmansyah, Fiqy and Pribadi, Chandra and Rusmanah, Enok (2020) Pengaruh Agresivitas Pajak dengan Pendekatan Moderasi Ukuran Perusahaan Terhadap Realisasi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Terbuka Sub Sektor Food and Beverage) Tahun 2014-2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK DENGAN PENDEKATAN MODERASI UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REALI Fiqy Firmansyah 022116082.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FIQY FIRMANSYAH 022116082 Pengaruh Agresivitas Pajak dengan Pendekatan Moderasi Ukuran Perusahaan Terhadap Realisasi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Terbuka Sub Sektor Food and Beverage) Tahun 2014-2018. Di bawah bimbangan Chandra Pribadi dan Enok Rusmanah. Nilai perusahaan adalah wujud dari rasa percaya masyarakat pada perusahaan. Peningkatan nilai perusahaan akan dapat terwujud apabila ada keselarasan tujuan dakepentingan antara manajer dengan pemilik perusahaan (prinsipal), nilai perusahaan merupakan kinerja perusahaan yang dapat dicerminkan oleh harga saham, yang dibentuk oleh permintaan dan penawaran pasar modal yanv merefleksikan penilaian masyarakat terhadap kinerja perusahaan. Agresivitas pajak adalah suatu tingkat keagresifan perusahaan untuk menghemat pajak yang seharusnya, agresivitas pajak dapat dilakukan secara legal (tax avoidance) dan ilegal (tax evasion). Ukuran Perusahaan adalah skala yang mengklasifikasikan besar atau kecilnya suatu perusahaan yang dibyatakan dalam total aset, total penjualan dan nilai pasar saham, serta dapat ditunjukan melalui kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan tersebut. Semakin besar ukuran perusahaan maka kuantitas dan kualitasnya semakin baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris pengaruh agresivitas pajak terhadap nilai perusahaan serta hubungannya dengan ukuran perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian vervikatif explanatory survey dengan menggunakan data sekunder. Data sekunder adalah sumber data penelitian yang diperoleh melalui media perantara atau secara tidak langsung maupun data yang dipublikasikan secara umum. Metode penarikan sampling pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 27 perusahaan pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI, dari 27 perusahaan didapatkan 9 perusahaan yang memenuhi kriteria dalam memilih sampling, namun terdapat 3 perusahaan outlier sehingga perusahaan sampel berubah menjadi 6. Metode analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana dan moderasi. Beberapa pengujian dilakukan yaitu, analisis statistik deskriptif, analisis regresi sederhana, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji hipotesis (uji t, uji F dan uji R2 ) dan uji MRA . Hipotesis pertama dari penelitian ini adalah agresivitas pajak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan hipotesis kedua ukuran perusahaan memoderasi hubugan keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil variabel agresivitas pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini disebabkan karena bagi perusahaan memanfaatkan penghindaran pajak sebagai aktivitas yang akan meningkatkan nilai perusahaan. Ukuran perusahan memoderasi dengan memperkuat hubungan antara nilai perusahaan dengan agresivitas pajak. Simpulan dari penelitian ini adalah tindakan agresivitas pajak bisa terjadi apabila koreksi negatif lebih besar dari koreksi positif, sehingga laba sebelum pajak fiskal lebih kecil dari pada laba sebelum pajak akuntansi. Nilai ETR turun pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI dikarenakan beberapa perusahaan ketika dilakukanya koreksi fiskal tahunan salahsatunya selalu terjadi koreksi negatif yang lebih tinggi dikarenakan penerapan penyusutan aset tetap yang belum sesuai dengan ketentuan pajak, penghasilan yang telah dikenakan pajak final dan biaya asuransi yang menyebabkan nilai ETR pada perusahaan food and beverage dibawah 25%. Peneliti selanjutnya disarankan untuk diharapkan dapat memperluas penelitian dengan menambah sampel perusahaan yang tidak hanya terfokus pada perusahaan food and beverage saja sehingga dapat mengetahui sektor lainnya apakah memiliki keterkaitan yang lebih besar yang dapat memperkuat atau memperlemah variabel. Kata kunci: Nilai Perusahaan, Agresivitas Pajak dan Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Perpajakan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 13:33
Last Modified: 26 Aug 2022 13:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item