ANALISIS TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN HAJI MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

Rivald, Aditya and Herfina and Mulyati (2021) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN HAJI MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pelayanan merupakan aktifitas yang berisifat interaksi antar konsumen dengan karyawan yang melibatkan usaha manusia untuk memberikan suatu kepuasan dan kenyamanan terhadap pendaftar haji. Penelitian ini melakukan Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Pendaftaran Haji Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality(Servqual) dan Importance Performance Analysis(IPA). Adapun tujuan dari peneltian ini yaitu menganalisis tingkat kepuasan terhadap pelayanan pendaftaran haji menggunakan metode fuzzy servqual dan IPA. Objek penelitian ini adalah pendaftar haji di Kementrian Agama Kab. Bogor. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk kuisioner. Teknik dalam pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner sebanyak 100 kuisioner. Item pernyataan yang digunakan mengacu pada dimensi kualitas jasa menurut Parasuraman et.al (dalam Tjiptono,2007) yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik dan analisis yang digunakan yaitu service quality(servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil yang diperoleh dari pengolahan data menghasilkan bahwa pendaftar haji merasa kurang puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kementrian Agama Kab. Bogor dengan ditunjukannya nilai skor servqual negatif. Berdasarkan hasil IPA, terdapat 9 atribut yang berada dalam kuadran B dan kuadran C , 3 atribut yang berada dalam kuadran D dan tidak ada satupun yang berada pada kuadran A. Oleh sebab itu, perbaikan kualitas pelayanan perlu dilakukan oleh pihak Kementrian Agama Kab. Bogor karena mendapatkan nilai negatif pada metode servqual dan terdapat 9 atribut yang berada pada kuadran C. Kata kunci: Servqual, Importance Performance Analysis, Kepuasan, Pelayanan Pendaftaran Haji, Tingkat Kepuasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK
Date Deposited: 28 Aug 2022 13:40
Last Modified: 03 Sep 2022 13:22
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item