Analisis Pengukuran Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard di Puskesmas Bogor Timur Tahun 2017-2019

SAPUTRA, DENI and SUDARMANTO, ERNADHI and EDY, SIGIT (2021) Analisis Pengukuran Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard di Puskesmas Bogor Timur Tahun 2017-2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
done 2021 ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI PUSKESMAS BOGOR TIMUR TAHUN 2017-2019 DENI SAPUTRA 022116066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

DENI SAPUTRA. 022116066. Analisis Pengukuran Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard di Puskesmas Bogor Timur Tahun 2017-2019. Pembimbing: ERNADHI SUDARMANTO dan SIGIT EDY Pengukuran kinerja Puskesmas Bogor Timur yang selama ini digunakan yaitu pengukuran dari aspek kinerja keuangan dan ukuran kinerja yang berdasarkan standar yang ditetapkan oleh pemerintah tidak dapat menggambarkan kinerja Puskesmas secara keseluruhan. Pengukuran kinerja keuangan hanya menilai kinerja untuk jangka pendek dan tidak memperhitungkan harta-harta tak nampak yang dimiliki Puskesmas sedangkan pada standar kinerja yang ditetapkan pemerintah hanya mampu menggambarkan kinerja Puskesmas yang berkaitan pelayanan yang diberikan Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kinerja Puskesmas Bogor Timur jika dinilai dengan Balanced Scorecard dalam perspektif pelanggan. (2) Untuk mengetahui kinerja Puskesmas Bogor Timur jika dinilai dengan Balanced Scorecard dalam perspektif internal bisnis. (3) Untuk mengetahui kinerja Puskesmas Bogor Timur jika dinilai dengan Balanced Scorecard dalam perspektif pertumbuhan dan pemelajaran. (4) Untuk mengetahui kinerja Puskesmas Bogor Timur jika dinilai dengan Balanced Scorecard dalam perspektif keuangan Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah perspektif-perspektif yang ada di dalam metode Balanced Scorecard, yaitu perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dan perspektif keuangan. Jenis data yang digunakan adalah data Sekunder dan Primer. Metode pengumpulan datanya adalah Wawancara, Pengamatan langsung (observasi) dan Kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode penarikan sampel adalah Purposive Sampling dan Total Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan dari perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang sangat baik, perspektif proses bisnis kinerjanya cukup baik, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan kinerjanya diketahui baik, serta perspektif keuangan perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang kurang baik. Namun, secara keseluruhan dari hasil empat perspektif yang dianalisis menunjukkan hasil bahwa kinerja Puskesmas Puskesmas bogor timur termasuk dalam kategori cukup. Dari hasil analisis faktor diketahui bahwa perspektif pelanggan paling berperan atau dominan terhadap kinerja Puskesmas Bogor Timur. Kata Kunci : Balanced Scorecard dan pengukuran kinerj

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi sektor publik
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 28 Aug 2022 13:45
Last Modified: 28 Aug 2022 13:45
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item View Item