Analisis Pengendalian Kualitas Produk Guna Meminimumkan Jumlah Produk Cacat Pada CV. QUEEN

Putri, Silviya Anggraini and Jaenudin, Jaenudin and Rully, Tutus (2019) Analisis Pengendalian Kualitas Produk Guna Meminimumkan Jumlah Produk Cacat Pada CV. QUEEN. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Fix Silvia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SILVIYA ANGGRAINI PUTRI, NPM 021115162, Program Studi Manajemen, Konsentrasi Manajemen Operasional, Analisis Pengendalian Kualitas Produk Guna Meminimumkan Jumlah Produk Cacat Pada CV. QUEEN, di bawah bimbingan Bapak JAENUDIN sebagai ketua komisi pembimbing dan Ibu TUTUS RULLY sebagai anggota komisi pembimbing. CV. QUEEN merupakan Perusahaan yang bergerak dibidang jasa industri vulkanisir ban, yang bahan bakunya memanfaatkan ban bekas. Dalam proses produksinya CV. QUEEN melakukan pengendalian produksi dengan tujuan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Akan tetapi pada kenyataannya masih ditemukan ketidaksesuaian atau kesalahan-kesalahan yang menyebabkan kecacatan pada produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pengendalian kualitas menggunakan alat bantu statistik yang bermanfaat guna meminimumkan jumlah produk cacat di perusahaan tersebut. Analisis pengendalian kualitas dilakukan menggunakan alat bantu statistik berupa peta kendali C dan diagram sebab-akibat. Peta kendali C digunakan untuk mengendalikan produk yang cacat apakah masih berada dalam batas kendali atau tidak. Untuk mengetahui fakto-faktor penyebab terjadinya produk cacat menggunakan diagram sebab-akibat untuk kemudian dapat disusun sebuah rekomendasi atau usulan perbaikan kualitas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengendalian kualitas di CV. QUEEN belum optimal dilihat dari grafik kendali C bahwa terdapat 4 bulan yang di luar batas kendali yaitu Juli, September, Januari, Juni. Pada bulan Agustus, Oktober, November, Desember, Februari, Maret April, Mei masih berada batas kendali antara UCL dan LCL. Hal ini merupakan suatu masalah yang harus diperbaiki. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan alat bantu statistik dengan metode diagram kendali C pada vulkanisir ban di CV. QUEEN masih berada pada luar rentang batas kendali atau kurang baik, kemudian hasil digram sebab akibat ditemukan penyebab utama terjadinya produk rusak yaitu berasal dari faktor metode, manusia, material dan mesin. Hal ini memerlukan tindakan lebih lanjut dari perusahaan untuk meminimumkan jumlah produk yang cacat. Kata kunci: Pengendalian Kualitas, Jumlah Produk Cacat, Grafik Peta Kendali Control, Diagram sebab-akibat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:48
Last Modified: 29 Aug 2022 02:48
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item