Penerapan Target Costing Sebagai Upaya Sistem Pengendalian Biaya Produksi Pada CV Golden Foods Asia Raya Periode 2019

Muharam, Satria and Hardiyanto, Arief Tri and Rahmi, Amelia (2021) Penerapan Target Costing Sebagai Upaya Sistem Pengendalian Biaya Produksi Pada CV Golden Foods Asia Raya Periode 2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
done 2021 PENERAPAN TARGET COSTING SEBAGAI UPAYA SISTEM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA CV GOLDEN FOODS ASIA RAYA PERIODE 2019 Skripsi Diajukan Oleh Satria Muharam 022114088.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Satria Muharam. 0221 14 088. Penerapan Target Costing Sebagai Upaya Sistem Pengendalian Biaya Produksi Pada CV Golden Foods Asia Raya Periode 2019. Di bawah bimbingan: Arief Tri Hardiyanto dan Amelia Rahmi 2021. CV Golden Foods Asia Raya merupakan suatu UMKM yang bergerak dalam bisnis usaha bidang manufakuring dan penjualan dalam bidang penyedia minuman olahan susu. CV Golden Foods Asia Raya terlebih dahulu menentukan biaya produksi lalu menghitung labanya, sehingga harga produksi di CV Golden Foods Asia Raya sedikit lebih mahal di banding pesaing lain di sekitarnya. CV Golden Foods Asia Raya pernah mengalamin penjualan produk yang sangat minim di karenakan oleh harga jual yang terlalu mahal tanpa memperhatikan cost yang dibebankan dalam setiap produknya. Berdasarkan penjelasan di atas menyimpulkan bahwa penerapan target costing dapat membantu CV Golden Foods Asia Raya dalam upaya meningkatkan biaya produksi dan meningkatkan harga jual dengan harga pasarnya. Penerapan target costing disesuaikan dengan tujuan CV Golden Foods Asia Raya agar peningkatkan biaya produksi dapat tercatat dengan laba yang sudah ditentukan pada harga jualnya. yang berlokasi di Jl. Villa Citra No. 7, Kelurahan Cibuluh, Bogor Utara, Kota Bogor. Penelitian ini Deskriptif Eksploratif dengan metode penelitian studi kasus mengenai . Penerapan Target Costing Sebagai Sistem Penetapan Harga Jual dan Peningkatan Biaya Produksi pada CV Golden Foods Asia Raya Tahun 2019 dengan unit analisis individu usaha dalam bidang penyedia minuman olahan susu yang di produksi sendiri. Jenis data kualitatit, kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini akan dibuktikan dengan menggunakan metode analisis adalah suatu proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang lebih mudah untuk dibaca dan diinterprestasikan dalam menganalisis permasalahan yang diangkat dan untuk melihat hubungan antara variable-variable yang terkait, dalam penelitian ini penulisan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif (non statistik), yaitu metode yang menggambarkan keadaan objek penelitian dengan mengumpulkan data relevan yang tersedia, kemudian di susun, dipelajari dan dianalisis lebih lanjut. Penelitian yang dilakukan tidak berhubungan dengan alat statistik, namum menggunakan kerangka teori maupun rumus-rumus sebagai analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Di dalam menerapkan metode target costing ini pada CV Golden Foods Asia Raya sendiri yang dapat menentukan harga jual memprediksi Pada CV Golden Foods Asia Raya menentukan harga jual memprediksi biaya produksi sebesar 75% dari harga jual. Setelah menggunakan target costing pada tahap memakai metode kaizen costing serta peningkatan efisiensi biaya produksi pada CV Golden Foods Asia Raya pada produk Freedo Latte, dalam penetapan harga jual sebesar Rp 10.000 serta biaya sebesar Rp 7.493 dengan rasio biaya 74.93%. Kesimpulannya sesudah memakai target costing maka tercapainya target biaya sebesar 75%. Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan target costing sebagai penentuan harga jual serta peningkatan efisiensi biaya produksi yang sangat efektif digunakan. Berdasarkan hasil analisis bahwa penerapan target costing dapat membantu CV Golden Foods Asia Raya dalam upaya meningkatkan biaya produksi dan meningkatkan harga jual dengan harga pasarnya. Penerapan target costing disesuaikan dengan tujuan CV Golden Foods Asia Raya agar peningkatkan biaya produksi dapat tercatat dengan laba yang sudah ditentukan pada harga jualnya. Kata Kunci : Target Costing dan Biaya Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:52
Last Modified: 29 Aug 2022 02:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item