Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV. Cakrawala

Al - Fuad, Muhammad Anis and Hartini, Sri and Herdiyana, Herdiyana (2019) Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV. Cakrawala. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi FUad Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

MUHAMMAD ANIS AL FUAD. 021113554. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV. Cakrawala . Dibawah Bimbingan SRI HARTINI dan Anggota Komisi Pembimbing HERDIYANA. CV. Cakrawala merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang Perdagangan Umum dan distribusi Institusional Market (HOREKA – Hotel, Restaurant, Catering, Cafe, Office Building, dll) dengan produk yang dijual meliputi tiga katagori yaitu food, beverage, housekeeping product. Salah satu usaha yang memiliki potensi untuk berkembang adalah usaha distribusi supplyer untuk memenuhi kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh sektor usaha dibidang penyediaan akomodasi dan makan minum. Untuk mendapatkan kepuasan pelanggan perusahaan harus memberikan kualitas pelayanan yang baik. Karena, kualitas pelayanan berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan yang memberikan dorongan khusus bagi para pelanggan untuk menjalin ikatan relasi saling menguntungkan dalam jangka panjang dengan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data-data dan informasi tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Cakrawala dengan menggunakan metode wawancara dan kuisioner kepada 100 responden yang merupakan pelanggan CV. Cakrawala. Metode Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan regresi linier berganda.. Dengan menggunakan rumus regresi linier berganda terdapat pengaruh yang signifikan antara varibael kualitas pelayanan dengan indikator bukti langsung (tangible), dan empati (emphaty) terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikasi lebih kecil dari < 0,05, sedangkan keandalan (reliability), jaminan (assurance) dan daya tanggap (responsiveness) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai signifikasi lebih besar dari > 0,05. Pengaruh kualitas pelayanan secara keseluruhan dapat dilihat melalui nilai Fhitung > Ftabel (22,792 > 2,47), maka penelitian ini menolak hipotesis Ho, dan menerima hipotesis alternatif Ha. Variabel kualitas pelayanan dengan indikator bukti langsung (tangible), keandalan (realibility), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen dengan nilai R Square 54,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen sumber daya manusia
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:57
Last Modified: 29 Aug 2022 02:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item View Item