Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Curret Ratio, Debt Ratio, Net Profit Margin dan Return On Asset Pada Perusahaan Sub Sektor Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode Pengamatan Tahun 2012-2016)

Ulandari, Ulandari and Slamet, Budiman and Maimunah, Siti (2018) Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Curret Ratio, Debt Ratio, Net Profit Margin dan Return On Asset Pada Perusahaan Sub Sektor Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode Pengamatan Tahun 2012-2016). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
FULL SKRIPSI Ulandari (022114041).pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)

Abstract

Ulandari. 0221 14 041. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Curret Ratio, Debt Ratio, Net Profit Margin dan Return On Asset Pada Perusahaan Sub Sektor Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode Pengamatan Tahun 2012-2016). Di bawah Bimbingan Budiman Slamet dan Siti Maimunah. 2018. Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai untuk memenuhi kepentingan para anggotanya. Dan sebagai tujuan dasar dalam sebuah usaha adalah keuntungan atau profit. Saat perusahaan memperoleh laba atau keuntungan yang maksimal maka tingkat kesenjangan sosial dan kerusakan lingkungan pun semakin tinggi, yang merasakan dampak dari aktivitas operasi perusahaan tidak hanya bagian internal perusahaan, namun juga bagian eksternal perusahaan yaitu masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan. Tanggung jawab sosial kepada pihak internal maupun eksternal ini disebut Corporate Social Responsibility. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen suatu perusahaan atau dunia bisnis (korporasi) untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Menurut teori legitimasi untuk diterima oleh masyarakat perusahaan harus mengungkapkan aktivitas sosial perusahaan sehingga akan menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Current Ratio, Debt Ratio, Net profit Margin, dan Return On Asset. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Current Ratio pada perusahaan sub sektor rokok (2) Untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Debt Ratio pada perusahaan sub sektor rokok (3) Untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Net Profit Margin pada perusahaan sub sektor rokok (4) Untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Return On Asset pada perusahaan sub sektor rokok. Penelitian ini mengenai pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap current ratio, debt ratio, net profit margin dan return on asset. Penelitian ini dilakukan pada sub sektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan menggunakan data sekunder dengan menganalisis laporan tahunan perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel 4 perusahaan. Penelitian ini menggunakan Deskriptif Kuantitatif, analisis partial least square menggunakan SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa : (1) corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap current ratio (CR), (2) corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap debt ratio (DR), (3) corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap net profit margin (NPM), dan (4) corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on asset (ROA). Manajemen perusahaan sebaiknya tetap melakukan kewajiban dalam melakukan kegiatan CSR, pengungkapan CSR diterapkan secara konsisten agar dapat memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan, seperti: meningkatkan reputasi perusahaan dimata masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan dan juga dapat menarik minat para investor untuk berinvestasi dengan perusahaan. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Current Ratio, Debt Ratio, Net Profit Margin, Return On Asse

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:33
Last Modified: 29 Aug 2022 04:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item View Item