Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Produk Tas Island Of Stone

Kamil, Rizal and Ginting, Bukti and Andria, Fredi (2020) Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Produk Tas Island Of Stone. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI JADI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rizal Kamil, npm 021114467. Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Produk Tas Island Of Stone, Ketua Pembimbing Bukti Ginting dan Komisi Pembimbing Fredi Andria, 2020. Setiap organisasi memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu mengembangkan dan meningkatkan perusahaan dari pesaing, untuk itu dibutuhkan kualitas produk yang baik dan dapat memenuhi kepuasan konsumen, salah satunya dengan cara mengevaluasi dan menganalilis seberapa kuat kualitas produk yang dihasilkan dan menguji apakah kualitas produknya sudah siap bersaing dengan perusahaan lain dan apakah kualitas produknya sudah memuaskan konsumen atau belum. Kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup perusahaan, dengan puasnya konsumen terhadap suatu produk maka diharapkan akan menciptakan peluang untuk menjadi pelanggan yang loyal. Upaya meningkatkan kualitas produk harus terus dilakukan agar memberikan kepuasan terhadap konsumen karena terdapat sebuah hubungan yang erat antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kualitas produk Tas Island Of Stone (2) Untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen Tas Island Of Stone (3) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada produk Tas Island Of Stone. Penelitian ini dilakukan pada Tas Island Of Stone 2014-2017 sebagai sampel, kemudian penelitian mengenai hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen ini menggunakan data primer dan data sekunder, metode yang digunakan kuesioner, wawacara dan observasi kepada konsumen sebagai responden sebanyak 100 orang, sampel dipilih dengan menggunakan rumus slovin non probabilitas dengan dengan teknik insidental sempling dimana hanya orang yang secara kebetulan ditemui untuk dijadikan sampel. Data diuji dengan SPSS versi 23 dengan berbagai rangkaian metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis rank spearman, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil analisis deskriptif maka dapat diketahui bahwa tanggapan responden variabel kualitas produk memiliki rata-rata sebesar 73,9 %, dimana rata-rata tersebut berada pada interpal (60% -79%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk pada produk Tas Island Of Stone baik, kemudian hasil analisis tanggapan responden variabel kepuasan konsumen memiliki rata-rata sebesar 73,8%, dimana rata-rata tersebut berada pada interpal (60% -79%) sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen puas terhadap produk Tas Island Of Stone, selanjutnya analisis rank spearmen yang telah diuji dengan menggunakan SPSS versi 23 dapat diperoleh nilai sebesar r = 0,835 artinya hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada prouduk Tas Island Of Stone memilki hubungan yang sangat kuat berada pada interval (0,80-1,000), dengan koefisien determinasi sebesar 69,72% yang menunjukan besarnya kontribusi variabel kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Diperoleh hasil uji hipotesis koefisien korelas yaitu zhitung ≥ ztabel dengan nilai 8,30 ≥ 1,96 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian terhadap hubungan positif antara kualitas produk (X) dengan kepuasan konsumen (Y). Kata Kunci : Kualitas Poduk, Kepuasan Konsumen, hubungan antara keduanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:37
Last Modified: 29 Aug 2022 04:37
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item View Item