JAMALUDIN, JAMALUDIN and ADRIAN, FERDISAR and WIBOWO IRAWAN, ARIE (2020) Analisis Strategi Pemasaran pada Umkm Konveksi Studi Kasus Konveksi Tiga Saudara. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Skripsi Jamaludin _021115479.pdf Download (1MB) |
Abstract
JAMALUDIN. 021115479. Analisis Strategi Pemasaran pada Umkm Konveksi Studi Kasus Konveksi Tiga Saudara. Dibawah bimbingan FERDISAR ADRIAN dan ARIE WIBOWO IRAWAN. Data Badan Pusat Stastistik merilis pasca krisis ekonomi jumlah UMKM tidak berkurang, justru pertumbuhannya meningkat. Fenomena ini menjelaskan bahwa UMKM merupakan usaha yang produktif untuk dikembangkan bagi mendukung perkembangan ekonomi secara makro dan mikro di Indonesia dan mempengaruhi sektor-sektor yang lain bisa berkembang. Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia tersebar diberbagai Provinsi salah satunya berada di Provinsi Jawa Barat yang sebagian besar masyarakatnya pelaku kegiatan UMKM dan Koperasi. Berdasarkan data dari Dinas koperasi dan UMKM (2018), pelaku usaha yang paling banyak dilakukan di Kota Bogor yaitu Usaha Mikro dengan persentase 78%, usaha kecil dengan persentase 17% dan terdapat Usaha Menengah dengan persentase 5%. Pada awal mulanya konveksi 3 Bersaudara merupakan bisnis pakaian biasa yang didirikan oleh beberapa pengusaha dan diikuti oleh pengusaha-pengusaha lain karena industri kecil dan menengah ini mudah didirikan, usaha mikro kecil dan menengah ini merupakan usaha yang ditekuni sebagian penduduk desa di Kecamatan Parung Bogor. Dari hasil Data Peserta Didik di Kota Bogor dapat diketahui bahwa setiap tahun peserta didik di Kota Bogor mengalami kenaikan pada tahun ajaran 2016/2017 dengan total keseluruhan 890.126 siswa, pada tahun 2017/2018 dengan total keseruhana 908.475 siswa dan pada tahun 2018/2019 dengan total keseluruhan 914.731 pelajar. Dengan adanya kenaikan peserta didik yang berada pada Kota Bogor menciptakan peluang untuk Konveksi 3 Bersaudara untuk meningkatkan penjualannya. Namun untuk Konveksi 3 Bersaudara ternyata penjualannya menurun. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penjualan Konveksi 3 Bersaudara menurun. Maka dari itu judul penelitian ini berjudul Analisis Strategi Pemasaran pada UMKM Konveksi Studi Kasus Konveksi Tiga Saudara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis Eksternal dan Internal pada UMKM Konveksi 3 Bersaudara dan untuk mengetahui strategi pemasaran apakah yang seharusnya dilakukan oleh Konveksi 3 Bersaudara. Metode pengolahan data yang digunakan diantaranya adalah analisis lingkungan internal dan eksternal, analisis SWOT, matriks IE dan matriks Space. Hasil analisis eksternal Konveksi tiga saudara dapat disimpulkan Peluang terbesar adalah Jumlah Pelajar di Bogor Utara berada pada posisi kedua tertinggi dari seluruh kecamatan di kota Bogor, namun ancaman terbesarnya adalah banyaknya pesaing produk sejenis di wilayah operasional. 2. Dari analisis internal Konveksi Tiga Saudara diperoleh kekuatan yang harus dimanfaatkan oleh bisnis ini yaitu Memiliki reputasi yang baik mulai dari kualitas produksi maupun pelayanan, sedangkan kelemahannya adalah Pemasaran belum meluas hanya untuk 3 toko seragam di Pasar Anyar dan yang datang langsung ke Konveksi tiga saudara saja. Berdasarkan matriks SPACE posisi Konveksi Tiga Saudara berada pada posisi konservatif. Dimana perusahaan berada pada kuadran CA (Competitive Advantage) dimana skor bobot untuk peluang lebih kecil dibanding skor bobot ancaman. Dengan kondisi seperti ini perusahaan bisa menerapkan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, dan diversifikasi konsentrik. Kata Kunci : UMKM, Analisis Lingkungan Eksternal, Analisis Lingkungan Internal, Analisis SWOT, Matriks IE, Matriks Spac
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 04:37 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 04:37 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1722 |
Actions (login required)
View Item |