Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Laba Bersih terhadap Return on Investment pada Perusahaan Jasa Subsektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019

Novianty, Firda and Sasongko, Hendro and Timuriana, Tiara (2021) Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Laba Bersih terhadap Return on Investment pada Perusahaan Jasa Subsektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
DONE 2021 PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN LABA BERSIH TERFHADAP RETURN ON INVESTEMENT PADA PERUSAHAAN JASA SUBSEKTOR TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BEI 2015-2019 FIRDA NOVIANTY 022117088.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Firda Novianty. 022117088. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Laba Bersih terhadap Return on Investment pada Perusahaan Jasa Subsektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Pembimbing: Hendro Sasongko dan Tiara Timuriana. 2021. Tujuan utama perusahaan mendirikan usahanya adalah untuk memperoleh keuntungan, untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan modal untuk menjalankan aktivitas perusahaan. Modal dapat diperoleh melalui investor di pasar modal. Untuk membuat keputusan investasi, investor maupun calon investor mempertimbangkan dengan melihat keadaan perusahaan melalui laporan keuangan, namun tidak cukup dengan melihat saja, dibutuhkan analisis terhadap laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap return on investmentpada perusahaan jasa subsektor telekomunikasi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 (2) untuk menganalisis pengaruh laba bersih terhadap return on investmentpada perusahaan jasa subsektor telekomunikasi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 (3) untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan dan laba bersihterhadap return on investment pada perusahaan jasa subsektor telekomunikasi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan jasa subsektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 3 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif bersifat verifikatif yang berfungsi sebagai penganalisis data yang telah dikumpulkan. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 25 dengan menggunakan uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan dan laba bersih yang diproksikan dengan earning per share secara simultan memiliki pengaruh terhadap return on investment.Sedangan pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan secara parsial tidak berpengaruh terhadap return on investmentdan laba bersih yang diproksikan dengan earning per sharesecara parsialmemiliki pengaruh terhadap return on investment. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan perusahaan dalam mengelola laba, semakin tinggi pula tingkat pengembalian investasi yang dilakukan perusahaan. Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Earning per Share (EPS) dan Return on Investment (ROI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:39
Last Modified: 29 Aug 2022 04:39
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item