Analisis Pendekatan Behavioral Intention Pada Minat Menggunakan Mobile Paymet OVO

Sari, Kartika and Adrian, Ferdisar and Farradia, Yuary (2020) Analisis Pendekatan Behavioral Intention Pada Minat Menggunakan Mobile Paymet OVO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PAKUAN.

[img] Text
skripsi Kartika pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kartika Sari 021115704. Analisis Pendekatan Behavioral Intention Pada Minat Menggunakan Mobile Paymet OVO. Pembimbing: Ferdisar Adrian dan Juary Farradia 2020. Perkembangan teknologi baru pada saat ini telah menjadi salah satu bidang terpenting dalam bidang teknologi informasi. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, industri keuangan telah mengalamai perubahan dari konvensional menjadi digital. Fintech merupakan sebuah pengembangan dari teknologi keuangan pada sektor jasa keuangan yang telah men�disrupsi landscape Industri Jasa Keuangan secara global. Mobile Payment merupakan bagian dari fintech yang saat ini menjadi tren pembayaran dimasa kini yang didukung pertumbuhan pengguna smartphone yang terus meningkat. Tetapi jumlah transaksi mobile payment di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah penggunanya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pendekatan behavioral Intention dalam menyikapi Intention to use pengguna pada mobile payment OVO. Dalam hal ini behavioral intention (minat berprilaku) dipengaruhi oleh persepsi penggunanya yaitu Perceived ease of Use (persepsi kemudahan) dan Perceives Usefulness (Persepsi kemanfaat) yang merupakan faktor yang mendorong minat menggunakan mobile payment OVO. Penelitian ini dilakukan pada pengguna mobile payment OVO yang ada di kota Bogor, dengan menggunakan metode kuota sampling pada sampel sebanyak 150 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif bersifat verifikatif yang berfungsi menganalisis data yang telah disimpulkan. Data diuji dngan menggunakan SPSS versi 22 dengan menggunakan uji KMO dan Bartlett’s test sebagai tahap awal untuk menilai kelayakan analisis faktor.Hasil penelitian mengungkapkan dalam uji KMO dan Bartlett’s test,hanya 10 pernyataan yang dinyatakan layak untuk dilakukan analisis faktor. Hasilnya ada tiga faktor yang terbentuk yaitu, faktor 1: Pernyataan produktivity 1, Pernyataan produktivity 2, Pernyataan important to job, Pernyataan important to job, faktor 2: Pernyataan easy to learn, Pernyataan easy to use 1, Pernyataan easy to become skillful 1, faktor 3: Pernyataan word of mouth 1, Pernyataan word of mouth 2, Pernyataan price premium 2. Ketiga faktor tersebut saling berkorelasi positif yang menunjukan minat dalam menggunakan moble payment OVO. Kata kunci: Behavioral Intention, Perceived ease of Use, Perceives Usefulnes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:40
Last Modified: 29 Aug 2022 04:40
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1740

Actions (login required)

View Item View Item