PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Kausal pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Palabuhanratu Semester Genap

Shakia, Amelia Novianti and Sumardi, Sumardi and Purnamasari, Ratih (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Kausal pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Palabuhanratu Semester Genap. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 PGSD Amelia Novianti.pdf

Download (63kB)

Abstract

Amelia Novianti Shakia. 037117030. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2021. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan metode studi kausal pada kemandirian belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri 02 Palabuhanratu Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 104 peserta didik dengan sampel 51 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel kemandirian belajar dan menggunakan soal tes untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kemandirian belajar dan hasil belajar matematika. Hal ini menyatakan berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisiensi korelasi (rxy) sebesar 0,96 sedangkan koefisiensi determinasinya sebesar 92,16 %. Hal ini ditunjukan dari persamaan regresi Ŷ= -42.03+(1,16X) yang berarti setiap peningkatan satu unit variabel kemandirian belajar akan menyebabkan peningkatan hasil belajar matematika sebesar 1,16 unit. Diperoleh thitung = 23,82 dengan ttabel (a=0,05) = 1,96 dengan demikian thitung > ttabel (a= 0,05) = 23,82 > 1,96, yang berarti koefisien jalur Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika adalah signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Kemandirian Belajar (X) dengan Hasil Belajar Matematika (Y). Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 24 Aug 2022 13:14
Last Modified: 24 Aug 2022 13:14
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item