Pratama, Rivaldo and Hartini, Sri and Andria, Fredi (2020) Analisis Faktor Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Jaket Zenmas Pada Toko Tanah Abang Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Rival-dikonversi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Rivaldo Pratama, npm 021114515. Analisis Faktor Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Jaket Zenmas Pada Toko Tanah Abang Jakarta. Ketua Komisi Hj. Sri Hartini dan Komisi Pembimbing Fredi Andria, 2020. Era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya. CV dalam mencapai tujuan pemasarannya di dalam pasar sasaran menggunakan seperangkat alat pemasaran bernama periklanan. Pengalaman yang diperoleh konsumen dari suatu produk atau jasa yang baik, akan menimbulkan kesan positif yang menunjukkan bahwa konsumen mendapatkan apa yang diinginkannya, sehingga hal tersebut berdampak pada keputusan Pembelian. Pemasar juga harus memperhatikan komponen�komponen pendukung lainnya dalam periklanan, diantaranya adalah Mission, Message dan Media. Beberapa hal yang menjadi masalah bagi konveksi ialah belum memakai jasa iklan selain facebook, twitter, dan bukalapak, juga pesaing yang kian banyak menimbulkan persaingan yang kompetitif sehingga tingkat penjualan belum mencapai target. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah (1) Mengidentifikasi bentuk kegiatan periklanan yang telah dilakukan oleh konveksi Zenmas, (2) Menganalisis faktor iklan yang mempengaruhi dan menjadi unsur penting dalam keputusan pembelian jaket Zenmas dan (3) Mendapatkan hasil dari analisis faktor yang dominan pada periklanan terhadap keputusan pembelian jaket Zenmas. Penelitian ini dilakukan pada toko Zenmas Tanah Abang periode 2019-2020 sebagai sampel, Kemudian penelitian Analisis faktor periklanan terhadap keputusan pembelian ini menggunakan data primer dan sekunder, metode yang digunakan yaitu kuisioner, wawancara dan observasi kepada konsumen sebagai responden sebanyak 100 orang, sampel dipilih dengan rumus slovin non probabilitas sampling memakai tingkat kesalahan sebanyak 10%. Kemudian data diuji dengan SPSS versi 20 dengan menggunakan metode analisis yang digunakan pada penelitian ini analisis deskriptif. Variabel Periklanan memiliki 3 indikator yaitu mission dengan rata-rata skor sebesar 76,1%, Message rata-rata skor 77,7%, dan media rata-rata skor sebesar 67,3%. Hasil penelitian ini menunjukan hasil analisis deskriptif, maka dapat diketahui tanggapan responden variabel periklanan memiliki rata-rata 73,7% dimana dijelaskan pada analisis deskriptif bahwa periklanan yang dilakukan konveksi maupun toko zenmas sudah baik. Variabel keputusan pembelian memiliki 6 indikator yaitu pilihan porduk dengan rata-rata skor sebesar 76,4%, pilihan merek rata-rata skor 74,8%, pilihan penyalur rata-rata skor sebesar 68,8%, waktu pembelian rata-rata skor sebesar 62,7%, jumlah pembelian rata-rata skor sebesar 62%, dan metode pembayaran rata�rata skor sebesar 75,06. Tanggapan reponden mengenai variabel keputusan pembelian memiliki rata-rata 69,96% dimana dijelaskan pada analisis deskriptif bahwa beberapa indikator pada keputusan pembelian sudah baik. Kata kunci : Periklanan, Keputusan Pembelian dan Faktor Dominan Pada periklanan dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 13:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 13:27 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1825 |
Actions (login required)
View Item |