Pengembangan Usaha Melalui E-Commerce Adoption Level Pada UMKM di Kota Bogor

LOLITA, SYAFANI PUTRI and HARTINI, SRI and OKTORA, KIKI (2020) Pengembangan Usaha Melalui E-Commerce Adoption Level Pada UMKM di Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI SYAFANI 021116310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SYAFANI PUTRI LOLITA 021116310. Pengembangan Usaha Melalui E-Commerce Adoption Level Pada UMKM di Kota Bogor. Pembimbing SRI HARTINI dan KIKI OKTORA 2020. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang strategis dalam perekonomian Indonesia karena sektor ini dapat mengatasi pertumbuhan ekonomi nasional. Jawa Barat khususnya Kota Bogor sebagai kota penyangga ibukota mendorong berkembangnya pengelola UMKM. Di Kota Bogor tercatat sebanyak 23.706 UMKM yang tersebar dalam 6 kecamatan. Namun, yang menjadi masalah saat ini adalah tidak tersedianya pasar yang jelas untuk UMKM. Untuk dapat bersaing dalam pasar yang kompetitif dan terbuka salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, salah satu yang muncul adalah e-commerce. Terdapat faktor-faktor untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi akases e-commerce untuk meningkatkan keunggulan bersaingnya diantaranya Faktor Inovasi Teknologi, Faktor Lingkungan, Faktor Organisasi dan Karateristik Owner/Manajer. Dengan melihat faktor-faktor tersebut akan bisa dilihat posisi e-commerce adoption level bagi suatu popilasi UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik atau pengelola UMKM di Kota Bogor, pemilihan responden dilakukan dengan quota sampling dan purposive sampling dengan total 60 responden dimana berdasarkan pada perhitungan teori Partial Least Square. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi serta pengolahan data dilakukan dengan SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian, Faktor Inovasi Teknologi; Faktor Lingkungan; Fakor Organisasi dan Karateristik Owner/Manajer berpengaruh pada E-Commerce Adoption Level. Faktor Inovasi Teknologi merupakan paling yang paling dominan dengan perolehan angka sebesar 31,26%. Posisi E�Commerce Adoption Level pada UMKM di Kota Bogor berada pada Stage 2 (e-enterprise). Tingkatan Stage 2 merupakan tingkatan ke empat dari enam sehingga bisa dikatakan bahwa UMKM di Kota Bogor berada di level menengah. Mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik untuk sebuah proses jual-beli. Kata Kunci: E-Marketing, E-Commerce, Small Medium Enterprise

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 13:49
Last Modified: 29 Aug 2022 13:49
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item