Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RS Anggrek Mas Jakarta Barat.

Musripah, Sri and Zaini, Oktori Kiswati and Ramdani, Sri Hidajati (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RS Anggrek Mas Jakarta Barat. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SRI MUSRIPAH (021115204) SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sri Musripah. NPM 021115204. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RS Anggrek Mas Jakarta Barat. Pembimbing: Oktori Kiswati Zaini dan Sri Hidajati Ramdani. 2019. Seiring dengan perkembangan kehidupan masyarakat pada saat ini, masyarakat dituntut akan kesadaran pentingnya hidup sehat. Kualitas pelayanan jasa menuntut spesialisasi dan penyesuaian secara terus menerus sehingga tidak ada upaya lain yang tidak dapat dilakukan kecuali layanan jasa yang terbaik. Rumah sakit sebagai institusi yang bergerak di bidang pelayanan jasa kesehatan mengalami perubahan, pada awal perkembangannya rumah sakit yang hanya berfungsi sebagai sosial, kini telah menjadi organisasi bisnis yang berupaya mencari keuntungan (profit) dari usaha yang dijalankan. Pelayanan rawat jalan dewasa ini menjadi perhatian utama manajemen rumah sakit, karena jumlah pasien rawat jalan lebih banyak dibandingkan dengan perawatan rawat lain. RS Anggrek Mas Jakarta Barat merupakan rumah sakit swasta tipe/kelas D yang memberikan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi bagi masyarakat wilayah Jakarta Barat. Permasalahan yang ada di RS Anggrek Mas Jakarta Barat adalah banyaknya keluhan dari pasien mengenai pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Adapun faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan adalah bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan kualitas pelayanan pasien rawat jalan yang dilakukan RS Anggrek Mas Jakarta Barat, untuk menjelaskan kepuasan pasien rawat jalan RS Anggrek Mas Jakarta Barat, untuk menganalisis antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RS Anggrek Mas Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan di RS Anggrek Mas Jakarta Barat, yang beralamat di Jalan Anggrek No. 2B Rt/Rw 009/02, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11550. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif (Eksploratif) dengan metode penelitian Studi Kasus. Teknik penelitian yang digunakan adalah Tingkat Kesesuaian, Importance Performance Analysis ( IPA) dan Diagram Kartesius. Berdasarkan hasil penelitian mengenai kualitas pelayanan rawat jalan yang diterapkan oleh RS Anggrek Mas Jakarta Barat ada 3 indikator yang sudah memuaskan pasien yaitu: dokter memberikan resep yang tepat terhadap pasien, dokter selalu mendengarkan keluhan dari pasien, dokter selalu ramah terhadap setiap pasien yang datang keruangannya. Adapun yang belum memuaskan ada 12 indikator. Secara rata-rata tingkat kesesuaian hasilnya sebesar 96,88% tidak sesuai dengan harapan pasien atau dapat dikatakan bahwa kinerja pelayanan RS Anggrek Mas Jakarta Barat belum memuaskan pasien. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, rumah sakit dan rawat jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 13:50
Last Modified: 29 Aug 2022 13:50
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item