Analisis Kebutuhan Jumlah Tenaga Kerja Cleaning Service pada Plaza Jambu Dua Bogor

Alfia, Widya Rachmi and Ridwan, Wonny Ahmad and Taurusyanti, Dewi (2019) Analisis Kebutuhan Jumlah Tenaga Kerja Cleaning Service pada Plaza Jambu Dua Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Widya Rachmi Alfia_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

WIDYA RACHMI ALFIA. 021115721. Analisis Kebutuhan Jumlah Tenaga Kerja Cleaning Service pada Plaza Jambu Dua Bogor. Pembimbing: Wonny Ahmad Ridwan dan Dewi Taurusyanti. 2019. Plaza Jambu Dua Bogor adalah pusat perbelanjaan elektronik terbesar di Kota Bogor, Plaza Jambu Dua Bogor bekerja sama dengan PT. Metropolitan Karya Mandiri (PT. MKM) untuk memelihara kebersihan lingkungan dengan mempekerjakan 52 orang tenaga kerja cleaning service. Berdasarkan data rekomendasi dari PT. MKM Plaza Jambu Dua Bogor mengalami kekurangan jumlah tenaga kerja cleaning service. Hal tersebut didukung dengan adanya kesenjangam antara jumlah cleaning service pada shift I dan shift II. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa kebutuhan jumlah tenaga kerja cleaning service pada Plaza Jambu Dua Bogor, menggunakan metode Full Time Equivalent (FTE) dengan menghitung total waktu beban kerja dan jumlah jam kerja efektif. Total waktu beban kerja tahunan seluruh lokasi Plaza Jambu Dua Bogor adalah 2.385.108 menit dan total jam kerja efektif tahunan setelah dikurangi allowance adalah 33.600 menit. Perhitungan FTE memiliki batas optimal sebesar 1,28 dimana beberapa sektor memiliki nilai diatas FTE optimal dan nilai dibawah FTE optimal. Sektor yang memiliki nilai diatas FTE optimal adalah sektor perkantoran (1,72>1,28); sektor sentra komputer (1,39>1,28); foodcourt (1,46>1,28); kebersihan area toilet (2,39>1,28); dan sektor fasilitas (1,80>1,28). Total jumlah tenaga kerja yang perlu ditambah secara keseluruhan sebesar 17 orang. Sedangkan untuk sektor yang berada dibawah nilai FTE optimal adalah area taman (1,08<1,28); maka total jumlah tenaga kerja mengalami penyesuaian berupa pengalihan tenaga kerja sejumlah 1 orang yang dapat dialihkan ke sektor lain. Satu sektor sudah optimal yaitu sektor sentra ponsel 1,28 FTE. Hasil akhir menunjukan bahwa perlu penambahan jumlah tenaga kerja sebanyak 16 orang agar tenaga kerja dapat bekerja secara optimal. Kata kunci: beban kerja; cleaning service; Full Time Equivalent (FTE)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 13:52
Last Modified: 29 Aug 2022 13:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item