Analisis Faktor-Faktor Keputusan Mahasiswa/i Untuk pengguna Dompet Digital (Studi.kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan)

Sutanto, Wisnu Laksono and Zaini, Oktori Kiswati and Irawan, Arie Wibowo (2020) Analisis Faktor-Faktor Keputusan Mahasiswa/i Untuk pengguna Dompet Digital (Studi.kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Wisnu Laksono.(021115430) - Copy-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Wisnu Laksono Sutanto. 021115430. Analisis Faktor-Faktor Keputusan Mahasiswa/i Untuk pengguna Dompet Digital (Studi.kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan) Pembimbing: Oktori Kiswati Z. dan Arie Wibowo I.. 2019. Dunia telah beralih dan berkembang seperti halnya pada teknologi industri, berawal dari industri 1.0 hingga pada sekarang memasuki industri 4.0, hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya penggunaan jaringan internet termasuk di Indonesia. Besarnya penggunaan internet berimbas kepada pesatnya penggunaan layanan Fintech di Indonesia salah satunya adalah Dompet Digital. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui bagaimana persaingan Dompet Digital di Indonesia, 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa/i dalam menggunakan Dompet Digital, 3) Mengetahui faktor apakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa/i dalam menggunakan Dompet Digital. Penelitian ini mengenai persaingan Dompet Digital di Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam menggunakan Dompet Digital dilakukan di Universitas Pakuan menggunakan data primer dan data sekunder dengan jumlah responden sebesar 100 mahasiswa sampel dipilih menggunakan metode non probability sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis tabulasi. Butir pertanyaan diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas . Hasil dari penelitian ini mengungkapkan fakta bahwa Linkaja merupakan Dompet Digital yang memiliki daya saing terkuat tetapi paling sedikit mahasiswa yang menggunakanya, diduga hal tersebut karena daya saing yang dimiliki oleh Linkaja tidak menarik bagi mahasiswa untuk menggunakannya. Selanjutnya faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam menggunakan Dompet Digital adalah faktor kebudayaan. Kata Kunci : Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 13:53
Last Modified: 29 Aug 2022 13:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item