Peran Etnosentrisme Dalam Mempengaruhi Minat Beli Produk Mi Samyang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pakuan.

Aprilia, Dea and Zaini, Oktori Kiswati and Prasetyo, Bayu Dwi (2021) Peran Etnosentrisme Dalam Mempengaruhi Minat Beli Produk Mi Samyang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pakuan. Skripsi thesis, Unversitas Pakuan.

[img] Text
Dea Aprilia-skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dea Aprilia. NPM 021116423. Peran Etnosentrisme Dalam Mempengaruhi Minat Beli Produk Mi Samyang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pakuan. Skrispsi Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Di bawah Bimbingan Ketua Komisi Pembimbing Oktori Kiswati Zaini dan Anggota Komisi Pembimbing Bayu Dwi Prastyo. Tahun 2021. Indonesia tidak hanya memiliki makanan khas, tetapi juga memiliki jenis makanan lainnya salah satunya adalah Mi. Mi adalah makanan umum yang dapat dinikmati dimana saja dan kapan saja harganya bisa dijangkau oleh setiap kalangan dan memiliki banyak varian rasa. Kecenderungan masyarakat Indonesia mengkonsumsi Mi instant menjadi peluang besar untuk para investor dalam memanfaatkan kesempatan tersebut, Tahun 2015-an, muncul trend makanan yang tiba-tiba viral di Indonesia, terutama di kalangan pecinta K-Pop dan dikalangan vlogger, yaitu Mi instant asal korea dan yang pertama masuk adalah Mi Samyang. Kemunculan Samsyang tersebut menjadi fenomena unik sampai dibuat tantangan yaitu Samyang Challenge. Tantangannya sederhana, hanya dengan makan sebungkus Mi instan bermerek Samyang dengan rasa spicy chicken. salah satu variabel yang mempengaruhi minat pembelian merek lokal adalah ethnocentrisme. Penekitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah etnosentrisme memiliki peran dalam mempengaruhi minat beli pada mahasiswa Universitas Pakuan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah verifikatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory survey yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penarikan sampel ini adalah metode Nonprobability sampling. Nonprobability sampling. metode analisis yang digunakan adalah regresi sedehana dan uji determinasi rsquare untuk membuktikan apakah etnosentrisme memiliki peranan dalam mempengaruhi minat beli mahasiswa Universitas Pakuan terhadap produk Mi Samyang. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap etnosentrisme mahasiswa baik, minat beli mahasiswa Universitas Pakuan terhadap produk mi Instant Samyang tinggi, Hasil analisis tabulasi menunjukan bahwa pada saat mahasiswa memiliki sikap etnosentrisme yang tinggi maka minat beli terhadap produk luar negeri menjadi rendah akan tetapi pada saat mahasiswa memiliiki sikap etnosentrisme yang rendah maka minat beli terhadap produk luar negeri menjadi tinggi oleh karena itu etnosentrisme memiliki peranan yang penting dalem mengetahui kecenderungan seseorang terhadap produk laur atau dalam negeri, Mahasiswa menyadari bahwa semakin hari semakin marak, trend budaya Korea dikalangan mahasiswa yang menjadikan mahasiswa mengikuti budaya tersebut dengan cara mengikuti kehidupannya. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah mahasiswa harus menjadi contoh yang baik dalam memilih dan mengkonsumsi produk dan tidak terbawa arus globalisasi. Kata Kunci : Etnosentrisme, Minat Bel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 13:54
Last Modified: 29 Aug 2022 13:54
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item