Sari, Lisa Mila and Hartini, Sri and Andria, Fredi (2019) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Sebagai Strategi Meminimalisir Tingkat Antrian di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Word fix 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
LISA MILA SARI 021115554. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Sebagai Strategi Meminimalisir Tingkat Antrian di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor. Di bawah bimbingan SRI HARTINI dan FREDI ANDRIA. Perkembangan Teknologi dan Komunikasi saat ini semakin pesat. Oleh karenanya penting untuk menyesuaikan diri dengan trend teknologi saat ini. Demikian juga halnya dalam jaminan kesehatan juga dibutuhkan Penerapan Teknologi Komunikasi dan Informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi, sistem pelayanan konvesional mulai bergeser menuju sistem pelayanan berbasis elekronik. Aplikasi mobile JKN merupakan suatu bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan, ditransformasi ke dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja dan kapan saja. Aplikasi mobile JKN diharapkan dapat mengurangi antrian di setiap Kantor Cabang BPJS Kesehatan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat apakah penggunaan aplikasi mobile JKN sudah efektif atau belum. Peneliti menggunakan teori D & M Success Model yang sudah dikembangkan oleh DeLone dan McLean. Berdasarkan model tersebut terdapat enam variabel yaitu Kualitas Sistem (System Quality), Kualitas Informasi (Information Quality), Kualitas Layanan (Service Quality), Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) dan Manfaat�Manfaat Bersih (Net Benefits). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang dapat menyebabkan rendahnya penggunaan aplikasi mobile JKN dan bagaimana efektivitas penggunaan aplikasi tersebut di Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya penggunaan aplikasi mobile JKN yaitu disebakan oleh peserta yang enggan menggunakan aplikasi tersebut, peserta lebih memilih datang langsung ke Kantor Layanan, masih banyak peserta yang berasal dari daerah sulit sinyal dan hanya menggunakan aplikasi apabila ingin mengecek kepesertaan dan tagihan iuran . Berdasarkan analisa deskriptif menggunakan rumus efektivitas bahwa penggunaan aplikasi mobile JKN di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor berada pada kategori “sukses” atau “efektif” dengan persentase sebesar 77,390% namun dinilai belum mampu meminimalisir antrian yang terjadi di Kantor Layanan. Saran untuk penelitian ini yaitu memberikan edukasi kepada peserta mengenai pentingnya penggunaan aplikasi tersebut, perlu melakukan evaluasi dan pengembangan secara lebih lanjut, dan melakukan perbaikan terhadap desain layanan aplikasi tersebut. Kemudian peneliti berharap akan adanya penelitian lanjutan dalam lingkup yang lebih besar dengan menggunakan sampel yang lebih besar dan perlunya dilakukan penelitian selanjutnya menggunakan metode analisis lain. Kata kunci: Mobile JKN, Efektivitas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 13:54 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 13:54 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2189 |
Actions (login required)
View Item |