Analisis Strategi Pemasaran Produk Departemen Tour Pada Jatra Tour and Travel

Saputra, Ario Wiratama and Hartini, Sri and Salmah, Salmah (2021) Analisis Strategi Pemasaran Produk Departemen Tour Pada Jatra Tour and Travel. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
done 2021 ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DEPARTEMEN TOUR PADA JATYA TOUR AND TRAVEL oleh ARIO WIRATAMA SAPUTRA 021116336.pdf

Download (5MB)

Abstract

ARIO WIRATAMA SAPUTRA. 021116336. Analisis Strategi Pemasaran Produk Departemen Tour Pada Jatra Tour and Travel. Di bawah bimbingan : SRI HARTINI dan SALMAH. 2020. Pariwisata dan rekreasi telah menjadi unsur penting dalam kehidupan masyarakat modern. Kebutuhan ini begitu diperhatikan oleh perusahaan di bidang pariwisata sehingga bermunculan banyak Biro Perjalanan Wisata. Persaingan dibidang tour dan travel Indonesia, diperketat dengan bermunculan Online Travel Agencies. Berdasarkan fenomena, penulis tertarik untuk meneliti kejadian yang menimpa perusahaan Jatra Tour & Travel tersebut sekaligus menganalisis penurunan penjualan yang terjadi pada tahun 2018 hingga 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif mengenai strategi pemasaran produk Jatra Tour & Travel, dengan responden individu yang paham mengenai strategi pemasaran perusahaan. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling (proses pemilihan responden didasarkan kriteria yang layak sesuai dengan permasalahan yang diteliti (para pembuat keputusan strategi) dengan banyak sampel 6 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dan metode pengolahan data menggunakan Matriks EFE, IFE, SWOT, IE dan QSP. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan tabel QSPM, diketahui bahwa masing-masing alternatif strategi mempunyai Total Attractive Score (TAS) yang berbeda. Strategi Market Penetration memiliki jumlah TAS sebesar 6,358. Strategi Product Development memiliki jumlah TAS sebesar 5,941. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa strategi yang memiliki jumlah TAS terbesar adalah Strategi Market Penetration. Hal ini dapat diartikan bahwa strategi alternatif yang tepat untuk meningkatkan market share dari produk MICE yang ada saat ini pada pasar yang ada melalui usaha-usaha pemasaran yang lebih gencar. Kata kunci : Analisis strategi, Biro Perjalanan Wisata, pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:00
Last Modified: 29 Aug 2022 14:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item