Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas Bogor

Lipapi, Muhamad Hilwan and Rully, Tutus and Wihartika, Doni (2019) Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Sistem Antrian 2019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMAD HILWAN LIPAPI, 021115138, Program Studi Manajemen, Manajemen Operasi, Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas Bogor Tengah, di bawah bimbingan Ibu TUTUS RULLY dan Bapak DONI WIHARTIKA, Tahun 2019. Antrian adalah suatu garis tunggu pelanggan yang menunggu untuk mendapatkan pelayanan dengan fasilitas yang dimiliki oleh penyedia jasa. Antrian yang panjang tentu tidak efisien sehingga menimbulkan waktu tunggu yang lama. Hal ini dapat terjadi karena kebutuhan akan layanan melebihi kapsitas fasilitas pelayanan yang dimiliki oleh penyedia jasa, selain itu antrian dapat terjadi pula karena pada saat yang bersamaan bagian pelayanan sedang melayani pelanggan lain, sehingga tidak mampu melayani secara bersamaan. Fenomena antrian dapat kita temukan pada Pusat Kesehatan Masyarakat. Puskesmas merupakan salah satu jenis perusahaan jasa berupa organisasi fungsional yang bergerak dalam bidang fasilitas pelayanan bagi masyarakat yang berupaya untuk menyelenggarakan kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau bagi setiap individu masyarakat. Salah satunya terdapat pada Puskesmas Bogor Tengah yang berlokasi di Jalan Telpon No.1, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Puskesmas ini memiliki 2 loket pelayanan registrasi pasien dengan fasilitas pelayanan yang meliputi: Poli Umum, Poli Gigi, Poli KIA dan KB, Laboratorium, Rontgen, Radologi, UGD persalinan 24 jam serta Rawat Inap. Lamanya prosedur registrasi pasien serta pelayanannya seringkali menimbulkan ketidak nyamanan bagi pasien, pada pelayanan loket registrasi pasien yang ramai di datangi pelanggan terjadi pada setiap hari senin yang kerap terjadi antrian dikarenakan jumlah loket yang tidak memadai dan pelayanan pasien yang melebihi waktu standar. Adapun waktu standar pelayanan registrasi pasien pada Puskesmas Bogor Tengah yaitu 5 menit. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan sistem antrian pada Puskesmas Bogor Tengah. (2) Untuk mengetahui proses pelayanan pada Puskesmas Bogor Tengah. (3) Untuk mengetahui penerapan sistem antrian dan efisiensi pelayanan registrasi pasien pada Puskesmas Bogor Tengah. Data yang digunakan yaitu data primer yang berupa hasil observasi dan wawancara serta data skunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Metode analisis data berupa Analisis Deskriftif dengan metode analisis antrian jalur ganda (Multi Channel-Single Phase) dan mengukur efisiensi pelayanan dengan perhitungan biaya antrian yang meliputi biaya pelayanan dan biaya menunggu. Hasil penelitian menunjukan bagaimana meningkatkan efisiensi pelayanan registrasi pasien, pada hari ramai (senin) disarankan menggunakan 3 loket lebih baik dibandingkan menggunakan 2 loket karena total biaya lebih rendah dengan waktu tunggu pasien untuk mendapatkan pelayanan berkurang. Sedangkan untuk pelayanan registrasi pasien pada hari sepi (jumat) tetap menggunakan 2 loket karena memiliki total biaya terendah. Hal ini diperlukan agar pelayanan pada Puskesmas Bogor Tengah dapat berjalan lebih efisien. Kata Kunci : Sistem Antrian, Multi Channel-Single Phase, Efisiensi Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:02
Last Modified: 29 Aug 2022 14:02
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2270

Actions (login required)

View Item View Item