Hubungan Kualitas Produk GSM Smartfren Telecom Dengan Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan)

Lusiati, Lusiati and Herdiyana, Herdiyana and Salmah, Salmah (2019) Hubungan Kualitas Produk GSM Smartfren Telecom Dengan Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Lusiati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lusiati. 021115287. Hubungan Kualitas Produk GSM Smartfren Telecom Dengan Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan). Pembimbing : Herdiyana dan Salmah. 2019. Smartfren merupakan salah satu operator penyedia jasa telekomunikasi yang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas berbasis CDMA yang ada di Indonesia. Pengguna Smartfren banyak digunakan oleh kalangan remaja khususnya dikalangan mahasiswa, salah satunya di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. Pada tahun 2018 Smartfren menjadi perusahaan operator selular yang mempunyai pelanggan paling rendah dibandingkan dengan pelanggan telekomunikasi lain, memiliki Top Brand indeks terkecil, rendahnya kualitas produk dan kepuasan pelanggan, tentunya menjadi masalah bagi PT Smartfren Telecom Tbk. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui kualitas produk PT Smartfren Telecom Tbk. (2) Untuk mengetahui kepuasan pelanggan PT Smartfren Telecom Tbk. (3) Untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan PT Smartfren Telecom Tbk. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan 100 responden, metode penarikan sampel yang digunakan yaitu claster random sampling, instrumen utama penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitis, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus analisis deskriptif dan koefisien korelasi dengan menggunakan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut mahasiswa Manajemen Universitas Pakuan yang menjadi pelanggan Smartfren berpendapat bahwa kualitas produk Smartfren tergolong dalam kategori baik. Hal ini di lihat dari rata-rata total skor yaitu sebesar 294,3 yang berada pada rentang penilaian antara tidak baik (200) dan baik (300). Kepuasan yang dirasakan mahasiswa Manajemen sebagai pelanggan Smartfren tergolong dalam kategori puas. Hal ini berdasarkan rata-rata total skor sebesar 290,7 yang berada pada rentang penilaian antara tidak puas (200) dan puas (300). Hasil analisis koefisien korelasi terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan terbukti dari nilai r = 0,846. Berdasarkan output dari SPSS 23 dapat diketahui N jumlah data penelitian adalah 100, hasil sig.< α maka tolak Ho (0,000 < 0,1 ) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan GSM Smartfren. Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:02
Last Modified: 29 Aug 2022 14:02
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item View Item