Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Pulsa Secara Modern (Studi Kasus Mahasiswa/i Universitas Pakuan Bogor)

Effendi, Zainul and Adrian, Ferdisar and Irawan, Arie Wibowo (2020) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Pulsa Secara Modern (Studi Kasus Mahasiswa/i Universitas Pakuan Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Zainul Efendi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi,dan psikologis terhadap keputusan pembelian pulsa secara modern. Untuk mengetahui diantara faktor tersebut yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pulsa secara modern atau elektronik. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah strata sampling dan Instrumen yang digunakan adalah menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Data diperoleh dari 400 responden mahasiswa Unpak yang aktif sebagai usia milenial. Teknik analisis yang digunakan adalah analisi deskriptif dan tabulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pulsa secara modern atau elektronik, yaitu: (1) Budaya (2) Sosial (3) Pribadi (4) Psikologis. Dari hasil olah data diketahui yaitu faktor budaya(X1) 74,3%, faktor sosial (X2) 66,6%, faktor pribadi (X3) 77,5%,dan faktor psikologis (X4) 75,15%. Dari hasil tersebutdi atas responden dipengaruhi oleh beberapa faktor tersebut. Dari data tabulasi dapat diketahui bahwa sumbangan terbesar terhadap keputusan pembelian yaitu faktor pribadi dengan prosentase 77,5%. Adapun indikator dominanya adalah faktor budaya (sub budaya 75,6 %), faktor sosial (kelompok refrensi 67,2%), faktor pribadi (kepribadian dan konsep diri 85,4%), dan faktor sosial (persepsi 75,9%). Sehingga pertimbangan keputusan pembelian tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain. Kata Kunci: keputusan konsumen membeli pulsa secara modern, Analisis Faktor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:04
Last Modified: 29 Aug 2022 14:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item