PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bedahan 1 Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021)

Cahyaningsih, Duwi and Mahajani, Tri and Mulyawati, Yuli (2021) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bedahan 1 Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 PGSD DUWI.pdf

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK Duwi Cahyaningsih. 037116154. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini dengan desain dan model penelitian Kuantitatif melalui pendekatan studi kausal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika.. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bedahan 1 Sawangan Depok pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel diambil dari populasi menggunakan teknik proporsional random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil dari pengisian instrument angket tentang bimbingan belajar orang tua, sedangkan data tentang hasil belajar matematika didapat melalui instrument butir soal. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi. Uji prasyarat analisis regresi adalah uji normalitas, uji linieritas. Setelah seluruh uji prasyarat terpenuhi, maka dilakukan uji hipotesis menggunakan anareg sederhana, korelasi product moment. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 3,58x+0,57X. Dengan harga thitung sebesar 14,6 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 1,79. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Bedahan 1 Kecamatan Sawangan Kota Depok tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Bimbingan belajar orang tua, Hasil belajar matematika iii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:14
Last Modified: 29 Aug 2022 14:14
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2405

Actions (login required)

View Item View Item