Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Xiaomi Di Kelurahan Harapan Jaya)

ANISSA, NUR and ZAINI, OKTORI KISWATI and RAMDANI, SRI HIDAJATI (2019) Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Xiaomi Di Kelurahan Harapan Jaya). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Pdf Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NUR ANISSA. 021114221. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Konsentrasi Manajemen Pemasaran. Dengan judul “Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Xiaomi Di Kelurahan Harapan Jaya)”. Di bawah bimbingan: OKTORI KISWATI ZAINI dan SRI HIDAJATI RAMDANI. 2019. Saat ini perkembangan teknologi smartphone sangat pesat. Diketahui bahwa setiap tahunnya jumlah pengguna samartphone mengalami peningkatan sehingga membuat persaingan semakin ketat. Meningkatnya persaingan di dunia smartphone mengakibatkan perusahaan bersaing untuk mengeluarkan produk terbaik mereka, karena saat ini smartphone telah menjadi gaya hidup masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhannya konsumen sering dihadapkan dengan beberapa pilihan produk sebelum melakukan pembelian,oleh karena itu mereka perlu melewati berbagai proses sebelum memutuskan untuk membeli. Salah satu faktor bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian yaitu mengenai harga. Kini banyak perusahaan yang mampu menawarkan spesifikasi produk yang sangat baik dan menawarkan harga dengan murah seperti smartphone Xiaomi. Harga dikatakan mahal atau murah tergantung dari persepsi konsumen itu sendiri, tetapi memiliki produk dengan harga murah menjadi solusi yang tepat bagi konsumen agar dapat memenuhi kebutuhan. Semakin tinggi harga ditawarkan maka permintaannya akan semakin rendah sebaliknya semakin murah harga suatu produk maka permintaannya akan semakin tinggi. Demikian hal itu bertolakbelakang dengan produk smartphone Xiaomi yang menawarkan harga murah , tetapi faktanya jumlah penjualan Xiaomi justru mengalami fluktuasi. Hal ini timbul karena persepsi harga yang belum melekat dalam benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Xiaomi di wilayah Kelurahan Harapanjaya. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kelurahan Harapan Jaya dengan menggunakan data primer dan sekunder. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif eksploratif. Teknik penelitian yang digunakan adalah statistik kualitatif dan penentuan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden 270 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Untuk memudahkan perhitungan digunakan program SPSS versi 23.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana nilai persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 10,627 + 0,703Ph, karena nilai b adalah positif artinya jika persepsi harga berubah maka keputusan pembelian juga akan berubah nilainya. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,538 yang berarti bahwa hubungan antara variabel persepsi harga dengan keputusan pembelian sedang. Koefisien determinasi sebesar 0,289 yang menunjukkan bahwa tingkat keputusan pembelian dipengaruhi oleh persepsi harga sebesar 28,9% , sisa nya 71,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil uji t menyatakan Ho ditolak sehingga dapat diartikan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian karena nilai sig. < 0,05. Kata kunci: Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:15
Last Modified: 29 Aug 2022 14:15
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item