Manajemen S1, Manajemen Operasi “Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Cibinong Di Masa Pendemi”

Buana, Kalam Wira and Jaenudin, Jaenudin and Armadi, Dion Achmad (2021) Manajemen S1, Manajemen Operasi “Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Cibinong Di Masa Pendemi”. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
DONE2021 ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN CIBINONG DI MASA PANDEMI_KALAM WIRA BUANA 021117026.pdf

Download (2MB)

Abstract

KALAM WIRA BUANA 021117026, Manajemen S1, Manajemen Operasi “Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Cibinong Di Masa Pendemi” di bawah bimbingan Jaenudin dan Dion Achmad Armadi. 2021. Pelayanan dibidang jasa seperti kantor kecamatan yang merupakan suatu intitusi pelayanan sosial dari perpanjangan tangan pemerintah dalam meningkatkan kebutuhan sosial di tengah masyarakat tetapi masalah seperti sistem antrian sering terjadi. Antrian merupakan situasi barisan tunggu dimana jumlah kesatuan fisik (pendatang) sedang berusaha untuk menerima pelayanan dari fasilitas terbatas (pemberi layanan), sehingga pendatang harus menunggu beberapa waktu dalam barisan agar mendapatkan giliran untuk dilayani. Seperti yang terjadi di Kantor Kecamatan Cibinong pada pelayanan loket 1, terjadi antrian dan waktu pelayanan melebihi standar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai kinerja sistem antrian serta efisiensi waktu pelayanan di Kantor Kecamatan Cibinong dengan menggunakan metode Single Channel Multiple Phase, pehitungan biaya antrian (Trade Off), dan analisis 5W+1H. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelayanan yang paling efektif setiap harinya adalah menggunakan 2 loket, dengan catatan hari Senin dan Jum’at memiliki biaya total yang lebih tinggi. Dari hasil penelitian ini diharapkan pelayanan loket 1 pada Kantor Kecamatan Cibinong dapat melakakukan evaluasi, menambah dengan 2 loket setiap harinya untuk menekan biaya menunggu pengunjung. Kata Kunci : Sistem Antrian, Efisiensi Pelayanan, Single Channel Multiple Phase

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:17
Last Modified: 29 Aug 2022 14:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item View Item