Pengaturan Pendirian Satuan Pendidikan Umum Tingkat Menengah Yang Menjadi Kewenangan Di Bawah Kementerian Agama

Bakti Sujudi, Bakti Sujudi and Mihradi, R. Muhammad and H. Insani, Isep (2019) Pengaturan Pendirian Satuan Pendidikan Umum Tingkat Menengah Yang Menjadi Kewenangan Di Bawah Kementerian Agama. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (375kB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidup dan kehidupan manusia. Sebab pendidikan secara alami sudah merupakan kebutuhan hidup manusia. Pendidikan dapat diartikan sebagai bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan memang menjadi babak baru bagi dunia pendidikan agama dan keagamaan di Indonesia. Kedua payung hukum itu mempunyai implikasi bahwa Madrasah menjadi bagian dari sistem pendidikan nasional, artinya negara telah menyadari keanekaragaman model dan bentuk pendidikan yang ada di masyarakat. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia telah muncul dan berkembang seiring dengan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia. Sifat penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini yaitu deskriptif analitis, artinya bahwa pembahasan dilakukan dengan cara menerangkan data secara lengkap, terperinci, dan sistematis, kemudian terhadap data tersebut dilakukan analisis dengan menggunakan teori-teori ilmu hukum, khususnya hukum pemerintahan, peraturan perundang-undangan, khususnya peraturan yang berkaitan dengan izin pendirian madrasah di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian normatif, yaitu melakukan penelusuran data kepustakaan dengan menggunakan data sekunder, yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Data yang diperoleh dalam rangka penulisan hukum ini diolah secara kualitatif, yaitu dengan menggunakan kata-kata dan kaliniat-kalimat dengan maksud agar tersusun suatu materi pembahasan yang sistematis dan mudah dipahami/dimengerti. Pendirian Madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Islam secara singkat dapat dikemukakan bahwa lembaga pengelola kurang fungsional, organisasi kelembagaan kurang lengkap, sarana prasarana pendidikan kurang memenuhi standar, kebanyakan kepemilikan oleh swasta, penyebaran madrasah yang tidak merata, jumlah guru kurang memadai, penempatan guru tidak sesuai, tenaga administrasi jumlahnya terbatas. beberapa cara untuk menyelsaikan permasalahan pengaturan yang terjadi di Madrasah yaitu menjadikan ajaran agama Islam sebagai basic reference seluruh kegiatan pengembangan pendidikan di madrasah. Madrasah merupakan lembaga pendidikan umum yang bercirikhas agama islam, memiliki fungsi mengembangkan dasar-dasar keterampilan multi dimensi, dan pengembangan madrasah dilakukan secara bertahap, karena keadaan madrasah yang banyak jumlahnya dan tidak seragam dalam permasalahan yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Hukum > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 12:09
Last Modified: 26 Aug 2022 12:09
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item