Analisis Strategi Pemasaran Frozen Food (Studi Kasus CV.Sakana

Nurjanah, Siti and Hartini, Sri and Irawan, Arie Wbowo (2021) Analisis Strategi Pemasaran Frozen Food (Studi Kasus CV.Sakana. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
DONE2021 ANALISIS PEMASARAN FROZEN FOOD STUDI KASUS CV. SUKASANA SITI NURJANAH 021116398.pdf

Download (1MB)

Abstract

SITI NURJANAH. NPM 021116398. Analisis Strategi Pemasaran Frozen Food (Studi Kasus CV.Sakana). Skrispsi Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Dibawah Bimbingan SRI HARTINI dan ARIE WIBOWO IRAWAN Tahun 2020. Zaman yang semakin berkembang banyaknya perempuan memiliki kesibukan diluar dan berubahnya pola hidup yang dimana manusia membutuhkan makanan beku yang menjadi kebutuhan, sangat membantu bagi masyarakat untuk mempermudah. Maka CV.Sakana ini mengeluarkan produk makanan beku berupa nugget, sosis, ikan, daging sapi, daging ayam dan lain-lain. Tujuan penelitian untuk memperoleh data dan informasi dari CV.Sakana tentang hal-hal yang berhubungan dengan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing khususnya pada Frozen Food yang penjualan dan pendapatannya mengalami penurunan dalam 1 tahun terakhir dan pengaplikasian strategi yang tepat untuk memecahkan masalah yang ada pada CV.Sakana. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif eksploratif dengan jenis data kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada CV.Sakana. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dan primer. Hasil analisis strategi pemasaran CV.Sakana berdasarkan hasil analisis EFE diperoleh faktor peluang dengan nilai tertinggi adalah bertambahnya potensi pasar sebesar 0,6222. Sedangkan pada faktor ancaman yang paling tinggi adalah pertumbuhan perang harga 0.6984. Berdasarakan matriks IFE diperoleh faktor kekuatan tertinggi adalah mempunyai produk yang ditawarkan beragam dengan nilai sebesar 0,7718 sedangkan dari skor pada faktor kelemahan tertinggi adalah manajemen perusahaan masih sederhana dengan nilai sebesar 0,1712. Berdasarkan matriks IE, CV. Sakana berada pada kuadran II yaitu adalah growth and build. Berdasarkan matriks SWOT, CV.Sakana dapat strategi yaitu dengan melakukan penetrasi pasar, melakukan inovasi produk, memulai penjualan secara online serta memperbaiki kualitas kinerja karyawannya dan meningkatkan kualitas serta kuantitas produksinya. Berdasarkan Matriks SWOT, strategi SO yaitu bertujuan untuk mempermudah konsumen membeli produk dan menjamin kualitas terhadap produk yang ditawarkan mendapatkan lebih banyak konsumen, strategi WO yaitu bertujuan untuk pengoptimalkan pemasaran produk dan mengeftikan dana dan sarana produksi, memperkecil kelemahan- kelemahan internal perusahaan dengan memanfaatkan peluang-peluang eksternal dan meningkatkan inovasi dalam penampilan produk. Startegi ST yaitu dengan membuat produk berkualitas dan harga yang ekonomis agar dapat bersaing dengan produk subtitusi serta dapat bersaing dengan kompotitor. Strategi WT yaitu melakukan mengefektifkan kegiatan produksi, dan memperbaiki kualitas dan keterbatasan SDM agat agar tidak khwatir dengan ancaman pendatang baru. Berdasarkan Matriks SPACE posisi CV.Sakana berada pada posisi II CV.Sakana berada pada posisi kompetitif. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, EFE & IFE, IE, SWOT, SPACE

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:28
Last Modified: 29 Aug 2022 14:28
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2474

Actions (login required)

View Item View Item