Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk UMKM (Studi Kasus pada Vivan Shoes di Kecamatan Ciomas Kota Bogor).

Tamia, Vira and Zaini, Oktori Kiswati and Irawan, Arie Wibowo (2019) Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk UMKM (Studi Kasus pada Vivan Shoes di Kecamatan Ciomas Kota Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Vira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

VIRA TAMIA, 021115211, Manajemen Pemasaran, Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk UMKM (Studi Kasus pada Vivan Shoes di Kecamatan Ciomas Kota Bogor). Ketua Komisi Pembimbing OKTORI KISWATI Z dan Anggota Komisi Pembimbing ARIE WIBOWO IRAWAN. Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, Tahun 2019. Pemberdayaan UMKM menjadi pilihan strategis untuk meningkatkan pendapatan kelompok masyarakat berpendapatan rendah, dalam rangka mengurangi kesenjangan pendapatan dan kemiskinan melalui peningkatan kapasitas usaha dan keterampilan pengelolaan usaha. Salah satu sektor industri manufaktur yang akan tetap tumbuh dan berkembang adalah industri alas kaki. UMKM alas kaki di Kabupaten Ciomas, Bogor merupakan salah satu wilayah pengrajin home industri yang sangat berpotensial untuk menghasilkan produk yang bergerak di bidang alas kaki. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan daya saing produk, menganalisis faktor internal dan eksternal, menyusun strategi serta membuat prioritas strategi untuk meningkatkan daya saing UMKM alas kaki di Ciomas. Metode hasil analisis strategi pemasaran Vivan Shoes berdasarkan hasil matriks EFE diperoleh bahwa faktor strategis yang merupakan kekuatan utama adalah produk di desain menggunakan tangan atau handmade merupakan kekuatan utama dengan skor 0.5694 dan kelemahan yang dimilik Vivan Shoes adalah adanya ketergantungan modal pada pihak customer dengan skor 0.3596. Sedangkan analisis peluang utama adanya peluang utama dari UMKM alas kaki di Ciomas adalah meningkatnya daya beli alas kaki di e-commerce sehingga alas kaki menjadi barang konsumsi utama atau primer dengan skor 0.663 dan ancaman untuk Vivan Shoes adalah pesaing memiliki brand yang terkenal dengan skor sebesar 0.874. Berdasarkan matriks IE, Vivan Shoes berada pada kuadran 1 yaitu Growth and Build. Dengan kondisi seperti ini Vivan Shoes bisa menggunakan strategi intensif atau strategi integratif. Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu dengan melakukan penetrasi pasar dengan cara memperluas pangsa pasar dan fokus pada peningkatan kualitas bahan baku dan peningkatan kuantitas produk. Strategi WO yaitu dengan mengadakan pelatihan motivasi, kewirausahaan, dan meningkatkan (pengawasan) kinerja manajemen mutu untuk pengrajin. Strategi WT yaitu menggunakan teknologi modern (desain) untuk menghasilkan produk yang inovatif bermutu serta didukung dengan strategi proosi yang efektif. Strategi ST yaitu membangun kerjasama dengan stakeholder (pemasok dan pesaing) untuk menjaga kualitas dan memunculkan ciri produk untuk mengantisipasi pesaing usaha. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, IE, SWOT, SPACE

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:35
Last Modified: 29 Aug 2022 14:35
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2522

Actions (login required)

View Item View Item