Analisis Strategi Pemasaran pada PT Ina Mitra Sejati Periode 2015-2019

Melati, Vinanda and Adrian, Ferdisar and Yudha, Aditya Prima (2019) Analisis Strategi Pemasaran pada PT Ina Mitra Sejati Periode 2015-2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Vinanda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Vinanda Nilam Melati. 021115084. Analisis Strategi Pemasaran pada PT Ina Mitra Sejati Periode 2015-2019. Pembimbing : Ferdisar Adrian dan Aditya Prima Yudha. 2019. Membaiknya kondisi perekonomian tentunya mempengaruhi daya beli dan konsumsi masyarakat. Salah satu industri yang sedang tumbuh adalah industri manufaktur. Peningkatan terlihat dari konsumsi rumah tangga yang semakin meningkat. Dengan meningkatnya konsumsi rumah tangga seharusnya dimanfaatkan oleh pihak perusahaan karena peluangnya terbuka lebar. Tetapi nyatanya penurunan penjualan produk sabun pencuci piring Bubble Klin pada PT Ina Mitra Sejati pada tahun 2017-2018, sedangkan penjualan kompetitor justru semakin meningkat. Oleh karena itu di butuhkan perencanaan strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan pangsa pasarnya. Maksud dan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang menjadi kekuatan (Strength), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) pada PT Ina Mitra Sejati dan mengetahui penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Ina Mitra Sejati dalam meningkatkan penjualan. Lokasi penelitian yaitu PT Ina Mitra Sejati yang beralamatkan di Jl. Tapos Raya No. 59 Kelurahan Tapos Kecamatan Tapos Kota Depok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deksriptif (eksploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada PT Ina Mitra Sejati. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur. Alat analisis yang dipakai adalah Matriks EFE, Matriks IFE dan Matriks SPACE. Hasil analisis strategi pemasaran PT Ina Mitra Sejati dapat diperoleh Berdasarkan hasil matriks EFE diperoleh bahwa faktor strategis yang merupakan peluang terbesar dan paling berpengaruh bagi PT Ina Mitra Sejati yaitu meningkatnya konsumsi rumah tangga, hotel, restoran, dan cafe, sehingga potensi daya beli masyarakat meningkat dengan skor 0.4356. Sedangkan faktor yang menjadi ancaman utama yang harus diwaspadai adalah masuknya kompetitor sabun pencuci piring merk lain di daerah Bogor dengan skor 0.3424. Berdasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah harga yang lebih terjangkau dari kompetitor dengan skor 0.3584, sedangkan kelemahannya adalah brand awareness yang masih lemah dibandingkan dengan kompetitor dengan skor 0,4046. Berdasarkan matriks SPACE posisi perusahaan PT Ina Mitra Sejati berada pada posisi konservatif. Dimana perusahaan berada pada kuadran CA (Competitive Advantage). Dari kuadran Economic Stability perusahaan tumbuh karena perekonomian yang membaik sehingga mempengaruhi daya beli dan konsumsi masyarakat. Dari segi kuadran Financial Stability posisi rendah walaupun nilai positif yaitu 0,0652. Dari segi Competitive Advantage perusahaan adalah lemah dibanding kelemahan perusahaan dimana nilainya adalah -0,0167. Dimana kelemahan terbesar adalah brand awareness yang masih lemah dibanding kompetitor. Dengan kondisi seperti ini perusahaan dapat menerapkan strategi penetrasi pasar, memperluas pangsa pasar, pengembangan produk, menjaga kualitas produk dan pelayanan, dan meningkatkan kegiatan promosi. Kata Kunci : Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:43
Last Modified: 29 Aug 2022 14:43
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item