Penerapan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Kegiatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus: UMKM Milik Bapak Kardani Citeureup)

Abidin, Faisal Nur and Hartini, Sri and Irawan, Arie Wibowo (2021) Penerapan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Kegiatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus: UMKM Milik Bapak Kardani Citeureup). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 Faisal Nur Abidin 021115598.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Faisal Nur Abidin. 021115598. Penerapan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Kegiatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus: UMKM Milik Bapak Kardani Citeureup). Skripsi Konsentrasi Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan. Di Bawah Bimbingan. Ketua Komisi Pembimbing Sri Hartini, Anggota Komisi Pembimbing Arie Wibowo 2021 Pandemi Covid-19 telah membawa perekonomian nasional dan global ke arah resesi ekonomi. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan global yang negatif atau kontraksi. Perekonomian nasional sendiri, baru mengalami kontraksi pada triwulan II tahun 2020 dengan pertumbuhan ekonomi -5,3%. Salah satu sektor yang sangat terpukul oleh pandemi Covid-19 adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang juga menggerek turunnya perekonomian nasional. Hal ini bisa dipahami karena UMKM mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perekonomian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis kanvas pada UMKM Tempe milik Bapak Kardani, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif (eksploratif) dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk pengolahan data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis model kanvas dengan menggunakan sembilan element. Hasil penelitian menunjukan bahawa Hasil penelitian ini menunjukan bahwa business model canvas yang sudah ada sudah cukup baik, akan tetapi agar lebih optimal dan dapat bersaing di tengah pertumbuhan pengrajin tempe di Kabupaten Bogor khsusunya di Blok Tempe Citeureup maka UMKM tempe milik Bapak Kardani perlu melakukan formulasi strategi baru dengan mengaplikasian beberapa formulasi baru dari hasil penelitian ini seperti peningkatan pada aspek customer segment, value proposition, key resources dan revenues stream. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah mendaftrakan diri menjadi mitra goshop di aplikasi Gojek dan menjadi mitra grabmart pada aplikasi Grab untuk menjangkau lebih banyak customer pengguna aplikasi transportasi online. Kata Kunci : Bisnis Model Kamvas, UMKM Tempe

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:45
Last Modified: 29 Aug 2022 14:45
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2596

Actions (login required)

View Item View Item