Analisis Strategi Pemasaran pada Produk Packing Box (Studi Kasus: Cv Rahayu Putra).

Apandi, Iqbal Ibrahim and Hayati, Yetty Husnul and Irawan, Arie Wibowo (2021) Analisis Strategi Pemasaran pada Produk Packing Box (Studi Kasus: Cv Rahayu Putra). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
done2021 ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK PACKING BOX (Studi Kasus CV. Rahayu Putra) Iqbal Ibrahim Apandi 021115386.pdf

Download (1MB)

Abstract

IQBAL IBRAHIM APANDI. 021115386. Analisis Strategi Pemasaran pada Produk Packing Box (Studi Kasus: Cv Rahayu Putra). Di bawah bimbingan : YETTY HUSNUL HAYATI dan ARIE WIBOWO IRAWAN. 2021 Industri pengolahan kayu di Indonesia merupakan barometer peningkatan perekonomian nasional dan faktor kunci dalam upaya meningkatkan penerimaan Negara dari sektor kehutanan. Perusahaan CV Rahayu Putra bergerak di industri pengolahan kayu, CV Rahayu Putra adalah Supplier PT Asahimas Flat Glass Tbk. Produk yang dibuat oleh CV Rahayu Putra yaitu Packing Box. Bahan baku utama untuk membuat Packing Box ini adalah kayu, yang terdiri dari beberapa jenis kayu, seperti kayu Sopsi, Mahoni, Jati Putih dan Buah. Perusahaan CV Rahayu Putra untuk meningkatkan penjualan harus melakukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bersaing dengan pelaku usaha sejenisnya. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan untuk mengetahui analisis strategi pemasaran pada Packing Box CV Rahayu Putra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, . Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan responden bagian pemasaran dan bagian manajemen pada CV Rahayu Putra yang berjumlah 10 orang pegawai Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan o b s e r v a s i d a n s t u d i p u s t a k a Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil Analisis matriks EFE dengan total nilai 3,0859, dan matriks IFE dengan total nilai 3,4083, apabila digambar dengan matriks IE posisi perusahaan berada pada kuadran 1 yaitu Growth and Build. . Strategi yang cocok untuk zona ini yaitu intensif atau integrasi. Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu dengan menambah pekerja yang berpengalaman dalam bidang pembuatan packing box agar dapat mempercepat proses pembuatan packing box sehingga mampu memenuhi permintaan produk yang terus meningkat. Strategi WO yaitu dengan Mengelola keuangan secara efisien agar tidak mengalami keterbatasan modal karena keuntungan CV Rahayu Putra yang diperoleh dari hasil penjualan packing box dari PT Asahimas cukup besar.. Strategi WT yaitu Membangun gudang agar packing box dapat disimpan sebelum melakukan pengiriman, sehingga produk packimg box tidak terkena hujan dan produk pun akan tetap berada dalam keadaan baik. Strategi ST yaitu melakukan pelatihan kepada pekerja yang kurang berpengalaman agar semua pekerja CV Rahayu Putra kompeten sehingga bisa bersaing dengan supplier lama yaitu PT Osasaha dan PT Jaya Abadi dan juga bisa bersaing dengan competitor baru yaitu CV Dirga Surya Kata kunci : Strategi Pemasaran, packing box

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:46
Last Modified: 29 Aug 2022 14:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2609

Actions (login required)

View Item View Item