ANALISIS MAKNA KONOTATIF PADA TEKS BERITA ONLINE MEDIABOGOR.COM EDISI JANUARI-JUNI 2020 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII

Haryani, Heni and Mahajani, Tri and Mukodas (2021) ANALISIS MAKNA KONOTATIF PADA TEKS BERITA ONLINE MEDIABOGOR.COM EDISI JANUARI-JUNI 2020 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 PBSI Heni haryani.pdf

Download (64kB)
[img] Text
2021 PBSI Heni haryani.pdf

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK Heni Haryani. Analisis Makna Konotatif pada Teks Berita Online Mediabogor.com Edisi Januari-Juni 2020 serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kelas VIII. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kata yang bermakna konotatif pada teks berita online Mediabogor.com edisi Januari-Juni 2020 dan untuk mengetahui implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena jenis datanya uraian. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan berita yang diambil dari teks berita online Mediabogor.com edisi Januari-Juni 2020 dengan mengutip data yang dibutuhkan sesuai dengan penelitian yang telah ditetapkan yaitu kata yang mengandung makna konotatif (Bernilai rasa positif, negatif, maupun netral), kemudian dianalisis dengan memberikan deskripsi atau penjelasan dengan mengacu pada teori mengenai makna konotatif. Hasil analisis mengenai makna konotatif dalam penelitian ini seluruhnya berjumlah 60 dari 33 teks berita yang berbeda-beda dan tanggal terbit yang berbedapula. Makna konotatif terdiri dari makna konotatif bernilai rasa positif, negatif, dan netral. Makna konotatif bernilai rasa positif sebanyak 18 temuan (30%), lalu makna konotatif bernilai rasa negatif sebanyak 27 temuan (45%), dan makna konotatif bernilai rasa netral sebanyak 15 temuan (25%). Hasil penelitian ini memberikan implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia yaitu dapat dijadikan sebagaibahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VIII semester 1. Hal tersebuat sesuai dengan isi kajian dalam kurikulum 2013 Kata Kunci : makna konotatif, teks berita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:00
Last Modified: 29 Aug 2022 15:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2743

Actions (login required)

View Item View Item