Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada NAZ Hotel Bogor,

Soares, Juventino Agnes and Zaini, Oktori Kiswati and Salmah, Salmah (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada NAZ Hotel Bogor,. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi fik.pdf

Download (2MB)

Abstract

JUVENTINO AGNES SOARES, NPM 021112157, Manajemen S1, Manaemen Pemasaran, Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada NAZ Hotel Bogor, Dibawah bimbingan Ibu OKTORI KISWATI ZAINI dan Ibu SALMAH, Tahun 2018. Pariwisata merupakan sektor yang telah memberikan kontribusi besar dalam perekonomian Indonesia. Potensi keindahan alam yang ada di Indonesia dikembangkan sebagai daya tarik masyarakat untuk produk dan pelayanan dalam berwisata. Tahun 2012 hingga tahun 2016 kunjungan objek wisata terus mengalami peningkatan hingga 5.262.233. Peningkatan tersebut merupakan peluang bagi sektor pariwisata Kota Bogor. Menurut Disbudparekraf pada tahun 2017 jumlah wisatawan yang datang ke Kota Bogor juga akan meningkat. Hal Ini seiring dengan penataan kawasan kota yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga diprediksi mendongkrak jumlah wisatawan. Target tahun 2017, jumlah wisatawan mencapai 5,7 juta. Peningkatan wisatawan yang ada berbanding terbalik dengan Naz Hotel Bogor, hal ini terlihat dari 3 tahun terakhir Naz Hotel mengalami penurunan penjualan kamar hotel. Permasalahan peningkatan ketidak puasan konsumen karna kualitas pelayanan yang diberikan Naz Hotel tidak sesuai dengan harapan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana analisis pelayanan terhadap kepuasan konsumen dapat digunakan sebagai acuan oleh NAZ Hotel. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder, dan jumlah responden 425. Metode penarikan sampel menggunakan sampling non-probability dengan metode pemilihan sampel Convenience serta metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, tingkat kesesuaian dan Importance Performance Analysis. Hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa penilaian responden mengenai kualitas pelayanan Hotel NAZ Bogor secara keseluruhan dinilai sangat baik namun tingkat kepuasan konsumen secara keseluruhan belum merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan Hotel NAZ Bogor, berdasarkan importance performance analysis Hotel NAZ Bogor diperoleh hasil sebagai berikut : kuadran prioritas utama : desain interior kamar yang baik, memiliki peralatan yang modern, tempat parkir yang baik, karyawan hadir tepat waktu. Kuadran pertahankan prestasi: ketanggapan membantu konsumen, kemampuan memberikan informasi, jaminan karyawan hotel terhadap keamanan, dan jaminan kenyamamanan kamar hotel. Kuadran prioritas rendah: karyawan berpenampilan baik, kemampuan melayani konsumen, jaminan karyawan bersikap baik. Kuadran terakhir adalah Pada kuadran Prioritas Berlebihan yaitu, prosedur Hotel NAZ tidak berbelit-belit saat pengurusan reservasi kamar, kemampuan melayani dengan cepat, karyawan peduli dan memahami kebutuhan konsumen, karyawan berkomunikasi dengan baik, karyawan membantu pelanggan saat mengalami masalah. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, TKI, Importance Performance Analysis, NAZ Hotel Bogor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:06
Last Modified: 29 Aug 2022 15:06
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item View Item