ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAHMODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS ANEKDOT KELAS X SMA/MA/SMK/MAK BOGOR

Cahyani Putri, Astari and Sarimanah, Eri and Rosdiana, Rina (2020) ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAHMODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS ANEKDOT KELAS X SMA/MA/SMK/MAK BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astari Cahyani Putri: Analisis Kesesuaian Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Anekdot Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan suatu rencana yang menggambarkan langkah-langkah yang akan dilakukan seorang guru yang akan melaksanakan pembelajaran berdasar pada ketentuan Kurikulum 2013. Kesuksesan implementasi juga ditentukan dengan model pembelajaran yang tepat dan menunjang terwujudnya seluruh kompetensi yang dimuat dalam Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks anekdot kelas X SMA/MA/SMK/MAK Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan berupa kalimat serta paragraf yang menunjukkan sintaks model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks anekdot kelas X telah sesuai dengan sintaks model pembelajaran yang terdiri dari stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pertanyaan/identifikasi masalah), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), dan generalization (menarik simpulan). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketujuh rencana pelaksanaan pembelajaran teks anekdot sudah sesuai dengan sintaks model pembelajaran discovery learning Kata Kunci : Learning, RPP, Anekdot

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:14
Last Modified: 19 Sep 2022 02:24
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item