STRATEGI PROGRAM ACARA ONE PRIDE DALAM MENARIK AUDIENS DI STASIUN TELEVISI TV ONE

ERRANGGA, IRSHAN and AMALIASARI, DIANA and ADINUGROHO, PRASETYO (2019) STRATEGI PROGRAM ACARA ONE PRIDE DALAM MENARIK AUDIENS DI STASIUN TELEVISI TV ONE. Skripsi thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA.

[img] Text
CamScanner 08-29-2022 09.45 (4).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh tim produksi One Pride di TV ONE dalam upaya menarik audiens. Penelitian ini menggunakan Teori strategi penayangan yang dikemukakan oleh Head-Sterling, dalam Morrisan yaitu Head to head, Program Tandingan, Bloking program, Pendahuluan Kuat Strategi Buaian, Penghalangan, dan Strategi lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, karena penelitian ini membutuhkan observasi dilapangan, dan juga penelitian ini melakukan wawancara terhadap narasumber yang berkaitan dengan penelitian ini untuk mendapat data yang valid. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif, karena penelitian ini ingin menjabarkan atau menggambarkan strategi-strategi yang diterapkan tim program One Pride dalam upaya menarik audiensnya di stasiun televisi TV ONE. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesesuain antara teori dengan praktik yang terjadi di lapangan, dari 7 teori yang ada dalam teori penayangan tersebut ada 5 teori yang diterapkan yaitu Head to head, Program tandingan, Pendahuluan kuat dan Strategi lainnya. Adapun yang menjadi perhatian khusus dalam memperkuat strategi dan menarik audiens oleh tim program One Pride adalah Head to Head dan strategi lainnya. Karena pada tahun 2018 terdapat program yang sejenis di stasiun televisi lain, tim produksi One Pride menggunakan startegi Head to Head agar audiens tidak berpindah ke program acara lain dan terbukti usaha tim produksi One Pride berhasil mempertahankan audiens dan audiens yang berada di program sejenis berpindah ke program One Pride. Strategi lainnya menjadi perhatian khusus dikarenakan komitmen dan konsisten, komitmen yang dimaksud adalah komitmen dari pemilik TV ONE dan tim produksi One Pride untuk membuat kembali program acara MMA yang pernah ada tapi di berhentikan, sekarang dibuat kembali dengan konten baru. Konsisten dengan program acara One Pride, dengan sendirinya audiens akan terbiasa pada konten program yang di pertahankan oleh tim produksi One pride itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Penyiaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:14
Last Modified: 29 Aug 2022 15:14
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2824

Actions (login required)

View Item View Item