Hakim, Muhammad Jibran Saepul and Muslim, Muslim and NUGROHO, PRASETYO ADI (2019) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA BOGOR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) MELALUI SEKTOR PARIWISATA KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
CamScanner 08-29-2022 16.09.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Peranan Sektor Pariwisata semakin penting sejalan dengan perkembangan dan kontribusi yang diberikan sektor pariwisata melalui penerimaan devisa, pendapatan asli daerah, pengembangan wilayah, maupun dalam penyerapan investasi dan tenaga kerja serta pengembangan usaha yang tersebar di berbagai pelosok wilayah di Indonesia. Kota Bogor merupakan salah satu sektor pariwisata potensial untuk dikembangkan dalam menarik jumlah kunjungan wisatawan, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah di Kota Bogor. Maka dari itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor perlu melakukan startegi komunikasi yang berkonsep komunikasi pariwisata yang maksimal untuk menarik jumlah kunjungan wisatawan agar datang ke Kota Bogor, yang akan berdampak positif bagi peningkatan jumlah pendapatan asli daerah (PAD) di Kota Bogor. Penelitian ini dijelaskan dengan adanya tahapan serta proses dalam konsep strategi komunikasi yang memiliki konsep komunikasi pariwisata untuk meningkatkan jumlah pendapatan asli daerah di Kota Bogor. Serta didukung dengan tugas pokok dan fungsi Disparbud Kota Bogor sebagai organisasi perangkat daerah mampuh berkerjasama, berinovasi. bersinergi serta berkolaborasi dengan para pelaku usaha pariwisata, organisasi pariwisata, dan masyarakat untuk kepentingan sektor pariwisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu fokus terhadap subyek penelitian, data tersebut berasal dari wawancara dari berbagai sumber yang memiliki kredibilitas, dokumen resmi yang diperoleh dan catatat selama kegiatan di lapangan. Informan dalam penelitian ini meliputi key informan yaitu pihak internal dari Disparbud Kota Bogor dalam menjalankan strateginya mengacu pada aspek target sasaran, anggaran biaya, sumber daya manusia dan menyusun beberapa program kerja dan program kegiatan. Strategi yang di jalankan berupa bentuk promosi dan penyebaran informasi mengenai pariwisata Kota Bogor terutama objek melalui kegiatan 5 top calender Event, pameran, pembinaan, hookier, leafler, media cetak, media sosial, media penyiaran dan website. Adapun kendala yaitu: anggaran yang tidak sesuai dengan dukungan dari Pemerintah Kota dan Sumber daya manusia (SDM) yang belum memadai yang tidak sesuai dengan Lingkatan jongjang pendidikan di bidang Kepariwisatan, Kesenian dan Kebudayaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 15:14 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 15:14 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2828 |
Actions (login required)
View Item |