menganalisis analisis faktor-faktor perilaku konsumen dalam pembelian fashion pada konsumen di kota bogor (studi kasus: fashion online pada platform shopee)

Maulida, Fanny Rizkia and Adrian, Ferdisar and Irawan, Arie Wbowo (2020) menganalisis analisis faktor-faktor perilaku konsumen dalam pembelian fashion pada konsumen di kota bogor (studi kasus: fashion online pada platform shopee). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Fanny.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Fanny Rizkia Maulida. 021115218. menganalisis analisis faktor-faktor perilaku konsumen dalam pembelian fashion pada konsumen di kota bogor (studi kasus: fashion online pada platform shopee). Pembimbing: Ferdisar Adrian dan Arie Wibowo Irawan. 2020. Perkembangan digital di era globalisasi saat ini berkembang pesat yang akan memberikan pengaruh dan perubahan baik dalam segala aspek kehidupan manusia maupun perilaku konsumen itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Indikator manakah yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk fashion dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi. (2) Untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk fashion online. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada masyarakat berdomisili di Kota Bogor. Sampel yang digunakan pada penelitian ini pengguna internet berusia 19-34 tahun sebanyak 400 responden. Sampel dipilih menggunakan metode Non Probability Sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu quota sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif (development). Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 23 dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Sebagian besar responden penelitian ini berjenis kelamin perempuan, sebagian besar responden berasal dari daerah Kota Bogor. Sebagian besar responden berpendidikan terakhir SMA/SLTA dengan pekerjaan sebagai mahasiswa. Penghasilan yang diterima responden setiap bulannya sebagian besar masih dibawah angka Rp.3,800,000,-. Sebagian besar responden sudah menggunakan internet untuk berbelanja sejak 1-2 tahun, kemudian sebagian besar sudah berbelanja di Shopee selama 1-2 tahun. Dalam waktu 6 bulan terakhir sebagian besar berbelanja produk fashion dalam jumlah kurang dari Rp. 500.000,-. Metode pembayaran yang paling banyak digunakan adalah melalui M-banking. (2) Faktor 1 terdiri dari variabel yang meliputi: berbelanja produk fashion di Shopee karena kemudahan dalam metode pembayaran dengan faktor loading 0,819, Berbelanja online di Shopee karena harga yang ditawarkan lebih murah dengan faktor loading 0,769, Berbelanja online mementingkan harga dan kualitas dengan faktor loading 0.673. Faktor 2 dinamakan faktor sosial terdiri dari variabel yang meliputi : Rekomendari dari orang yang saya tidak kenal (selebgram/youtuber) untuk berbelanja fashion di Shopee dengan faktor loading 0,794, Berbelanja online mencerminkan status di masyarakat dengan faktor loading 0,677, Berbelanja produk fashion di Shopee karena adanya pengalaman positif dari anggota keluarga dengan faktor loading 0,566. Faktor 3 dinamakan faktor pribadi terdiri dari variabel yang meliputi: Terbiasa membeli produk fashion yang bermerek dengan faktor loading 0,816, Terbiasa membeli produk fashion yang original dengan faktor loading 0,800. Faktor 4 dinamakan faktor sosial terdiri dari variabel yang meliputi: Berbelanja produk fashion di Shopee dengan pertimbangan review dari pelanggan lain dengan faktor loading 0,825, Berhati-hati berbelanja online di Shopee karena beresiko tinggi menerima produk yang berbeda dengan yang dipesan dengan faktor loading 0,815. Keempat faktor yang paling dominan yaitu faktor psikologis pada variabel berbelanja produk fashion di Shopee karena kemudahan dalam metode pembayaran dengan eigenvalue sebesar 2.800 dengan variance (28.003) yang mempengaruhi masyarakat dalam pembelian fashion di Shopee. Faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam pembelian fashion di Shopee dipengaruhi oleh empat faktor tersebut dengan melihat nilai korelasi yang diatas 0,5. Kata Kunci: E-commerce, Platform, Perilaku Pembelian Fashion Online, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:15
Last Modified: 29 Aug 2022 15:15
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2835

Actions (login required)

View Item View Item