Strategi Pengembangan Ekspor Pasar Uni Eropa pada PT Olympic Furniture Gemilang

Novita, Dian and Hartini, Sri and Prasetyo, Bayu Dwi (2020) Strategi Pengembangan Ekspor Pasar Uni Eropa pada PT Olympic Furniture Gemilang. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI FIX PDF DIAN NOVITA_021116296.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DIAN NOVITA. NPM 021116296. Manajemen. Manajemen Pemasaran. Strategi Pengembangan Ekspor Pasar Uni Eropa pada PT Olympic Furniture Gemilang. Pembimbing Ibu Sri Hartini dan Bapak Bayu Dwi Prasetyo. Tahun 2020 Perkambangan ekspor Indonesia di sektor non-migas terus menunjukkan tren positif pada periode 2014-2018. Berdasarkan kawasan dimana banyak ekspor yang dilakukan ke negara-negara khsususnya Asia, Eropa, dan Amerika. Sebagai negara-negara yang merupakan kesatuan ekonomi dan politik yang mengoperasikan pasar tunggal, UE merupakan kekuatan ekonomi terbesar di dunia yang memiliki peranan sangat penting dalam perdagangan internasional. Sebagai negara yang dengan sumber daya alam hutan yang sangat potensial, Indonesia dapat mengelola hasil kayu menjadi berbagai macam produk khususnya furnitur yang dapat di pasarkan baik di dalam maupun di luar negeri. Tapi nyatanya dengan maraknya kasus illegal longging membuat berbagai negara berupaya untuk memperketat perdagangan industri berbahan dasar kayu dengan upaya Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang diterapkan di Indonesia dan Forest Law Envorcement Governance and Trade (FLEGT) yang di terapkan di negara-negara Uni Eropa. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis eksternal dan internal serta stategi pengembangan ekspor yang dilakukan oleh PT Olympic Furniture Gemilang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan analisis data kualitatif dan jenis data primer dan sekunder mengenai strategi pengembangan ekspor pada PT Olympic Furniture Gemilang. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur. Berdasarkan hasil analisis matriks yang digunakan, dimulai dari matriks EFE diperoleh bahwa faktor strategis yang menjadi peluang terbesar dan paling berpengaruh bagi PT Olympic Furniture Gemilang yaitu pengakuan SVLK sebagai Lisensi FLEGT dengan skor 0,608. Sedangkan faktor yang menjadi ancaman utama yang harus diwaspadai adalah risiko jual beli dengan skor sebesar 0,465. Bedasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah material dan teknik pelapisan yang beragam serta administrasi perizinan yang baik dengan skor 0,488. Sedangkan kelemahannya adalah kondisi keuangan perusahaan dengan skor 0,568. Berdasarkan matriks IE, perusahaan berada pada kuadran 1 yaitu Growth and Build. Alternatif strategi pada bagian growth and build ialah strategi intensif atau integratif. Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu pengembangan varian produk, meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk, memanfaatkan teknologi informasi dan kemudahan perizinan untuk melakukan promosi. Strategi WO yaitu, memperluas jangkauan pasar dan memaksimalkan kegiatan promosi. Strategi ST yaitu, menjaga hubungan yang baik dengan badan atau lembaga yang berkepentingan. Strategi WT yaitu, meningkatkan kedisiplinan kinerja karyawan. Berdasarkan matriks QSP, strategi WO menjadi prioritas utama dengan nilai STAS sebesar 6,12

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:17
Last Modified: 29 Aug 2022 15:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2869

Actions (login required)

View Item View Item