Halimah, Nur and Adrian, Ferdisar and Hayati, Yetty Husnul (2020) Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Kamanana Puncak Bogor. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Text
Skripsi Halimah FIx.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
NUR HALIMAH, NPM 021113454, Program Studi Manajemen, Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Kamanana Puncak Bogor, pembimbing dalam penyusunan skripsi ini adalah Bapak FERDISAR ADRIAN, dan komisi pembimbing Ibu YETTY HUSNUL HAYATI, Tahun 2019. Restoran Kamanana adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang kuliner yang menyajikan makanan khas Timur Tengah. Mayoritas konsumen Restoran Kamanana adalah wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Puncak Bogor, banyak pula wisatawan asing yang berasal dari Saudi Arabia yang menjadi konsumen Restoran Kamanana. Menu andalan di Restoran Kamanana terdiri dari Nasi mandi, Nasi kebuli, Humus daging kambing, Sisha, dll. Restoran Kamanana berdiri sejak tahun 2008 dan sudah di kenal banyak orang, namun faktanya dalam beberapa tahun terakhir Restoran Kamanana mengalami penurunan jumlah konsumen service. Hal ini sejalan dengan jumlah keluhan konsumen yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan di Restoran Kamanana, untuk mengethui bagaimana tingkat kepuasan konsumen di Restoran Kamanana dan untuk mengetahui besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Kamanana.Penelitian ini bersifat Verifikatif, data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi langsung ke perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode Regresi Linier & (Importance Performance Analysis). Hasil penelitian ini berdasarkan hasil pemetaan pada diagram kartesius terhadap indikator kualitas pelayanan Restoran Kamanana Puncak Bogor didapatkan hasil sebagai berikut : Pada kuadran A (prioritas utama) terdiri dari atribut Kebersihan fasilitas, Lokasi strategis dan Mudah di akses. Pada kuadran B (pertahankan prestasi) terdiri dari atribut Pelayanan yang cukup baik kepada pelanggan, Karyawan selalu sigap dalam merespon permintaan pelanggan, Karyawan memberikan perhatian kepada pelanggan. Pada Kuadran C (berlebihan) teridiri dari atribut Karyawan berpenampilan rapi, Sarana yang dimiliki restoran sudah canggih. Sedangkan pada kuadran D (prioritas rendah) terdiri dari atribut Sigap dalam hal penanganan transaksi, Pelayanan sudah sesuai standar, Karyawan sangat cepat dalam memberikan pelayanan, karyawan selalu memberikan bantuan kepada pelanggan, Karyawan sangat ramah dalam memberikan pelayanan. Dengan menggunakan metode CSI untuk mengetahui respon keseluruhan responden atas kinerja Restoran Kamanana Puncak Bogor diperoleh nilai sebesar 99,34% yang dapat diartikan sebagai konsumen Restoran Kamanana belum merasa puas. Kata kunci : Pelayanan dan Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 15:23 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 15:23 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2917 |
Actions (login required)
View Item |