Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya.

Febrian, Deni and Adrian, Ferdisar and Hayati, Yetty Husnul (2019) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI (3).pdf

Download (2MB)

Abstract

DENI FEBRIAN. NPM 021114373. Manajemen. Manajemen Pemasaran. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Dibawah bimbingan Bapak FERDISAR ADRIAN dan Ibu YETTY HUSNUL H. Tahun 2018. Sekolah memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu softskill dan hardskill apabila di hadapkan ke perlombaan atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor merupakan jumlah sekolah yang cukup banyak, baik sekolah SD,MI, SMP,SMA dan SMK. Badan Pusat Statistika Kecamatan Tenjolaya Bogor mencatat pada tahun 2017 jumlah penduduk laki-laki dan perempuan sebanyak 58.237 jiwa mengalami peningkatan pada tahun 2018 menjadi 58.739 jiwa. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Cendekia merupakan sekolah menengah pertama berbasis swasta yang terletak di Bogor dan berlokasi di Kp. Babakan Desa. Cinangneng Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Jawa Barat. Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya harus memiliki kualitas pelayanan yang baik dan sesuai dengan harapan siswa. Jika harapan siswa ini sesuai dengan apa yang dialami dan dirasakan melebihi harapannya sudah dapat dipastikan siswa tersebut akan merasa puas. Bila yang dialami dan dirasakan siswa tidak sesuai dengan harapannya, misalnya pelayanannya tidak ramah, tidak tanggap dan pembelajaran nya tidak baik, sudah dapat dipastikan siswa tidak merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan positif antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey yang menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah 140 responden. Berdasarkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya sebesar 69,69%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya baik hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai kehandalan, daya tanggap, empati, dan jaminan kecuali bukti fisik yang kurang baik menanggapi pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Sedangkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya sebesar 73,83%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya puas hal ini dapat ditunjukan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai membeli lagi, merekomendasikan (word of mouth) dan konfirmasi harapan pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Berdasarkan hasil analisi korelasi rank spearman antara kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan nilai sebesar 0,499 dimana skor tersebut berada pada interval 0,40-0,599 artinya bahwa kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya mempunyai hubungan yang cukup kuat. Didalam hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 hal itu menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa yang signifikan dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif terbukti. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:24
Last Modified: 29 Aug 2022 15:24
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

View Item View Item