Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Pada PT Sinar Berlian Auto Graha Cibinong

Maulana, Riswan and Adrian, Ferdisar and Yudha, Aditya Prima (2019) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Pada PT Sinar Berlian Auto Graha Cibinong. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi fix (10).pdf

Download (1MB)

Abstract

Riswan Maulana NPM 021114297. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Pada PT Sinar Berlian Auto Graha Cibinong). Ketua Komisi Pembimbing Bapak Ferdisar Adrian dan Anggota Komisi Pembimbing Bapak Aditya Prima Yudha. Tahun 2019. Penurunan penjualan produk Mitsubushi pada PT sinar Berlian Auto Graha pada tahun 2015-2017 sementara pada penjualan nasional untuk produk Mitsubishi mengalami peningkatan. kemudian Penjualan kendaraan produk kompetitor mengalami peningkatan dari tahun 2016-2017 dibandingkan dengan penjualan kendaraan Mitsubishi PT sinar Berlian Auto Graha. Oleh karena itu di butuhkan perencanaan strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan pangsa pasarnya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui variabelvariabel yang menjadi kekuatan (Strength), kelemahan (Weaknes), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) pada PT Sinar Berlian Auto Graha dan mengetahui penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Sinar Berlian Auto Graha dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Lokasi penelitian yitu PT. Sinar Berlan Auto Graha yang beralamatkan di Jl Raya Jakarta Bogor Km 49 No 27 Nanggewer Cibinong Bogor. Metode pengumpulan datanya menggunakan data primer (wawancara dan observasi) dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif (ekploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada PT. Sinar Berlian Auto Graha. Alat analisis yang dipakai adalah Matriks EFE, Matriks IFE, analisis SWOT, Matriks IE dan Matriks BCG. Hasil analisis strategi pemasaran PT Sinar Berlian Auto Graha dapat diperoleh Berdasarkan hasil matriks EFE diperoleh bahwa faktor strategis yang merupakan peluang terbesar dan paling berpengaruh bagi PT Sinar Berlian Auto Graha yaitu berkembangnya Industri atau Pabrik, Sehingga potensi angkutan berat dibutuhkan oleh perusahaan dengan skor 0.392. Sedangkan faktor yang menjadi ancaman utama yang harus diwaspadai adalah masuknya dealer-dealer mobil merk lain di daerah Bogor dengan skor 0.392. Berdasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah Lokasi perusahaan berada dikawasan industri berat yang bertaraf Nasional dan Internasional dengan skor 0.336, sedangkan kelemahannya adalah Produk lebih mahal daripada kompetitor dengan skor 0.377. Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu Memperbesar market share dengan memasuki rute-rute yang potensial dan meningkatkan pelayanan kepada pelangggan melalui pengembangan system dan teknologi informasi yang berorientasi kepada kebutuhan pelanggan. Strategi WO yaitu, Pengembangan e-commerce yang mendukung, pengembangan sistem yang membantu dalam pengambilan keputusan. Strategi ST yaitu Pengembangan produk yang berkualitas disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Strategi WT yaitu mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada melalui pelatihan dan pengembangan keahlian. Berdasarkan matriks IE, PT Sinar Berlian Auto Graha berada pada kuadran II yaitu Growt and Build. Berdasarkan matriks BCG PT Sinar Berlian Auto Graha berada pada posisi Dog. Jadi dengan bertumbuhnya industri otomotif. Perusahaan harus mengembangkan pasar serta melakukan kegiatan promosi yang efektif agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:23
Last Modified: 30 Aug 2022 02:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2985

Actions (login required)

View Item View Item