Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Tingkat Penjualan Produk AMDK (Equado) Pada PT. Rahayu Sejahtera Abadi.

Ihsan, Ilham Maulana and Herdiyana, Herdiyana and Yudha, Aditya Prima (2019) Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Tingkat Penjualan Produk AMDK (Equado) Pada PT. Rahayu Sejahtera Abadi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Fix (12).pdf

Download (2MB)

Abstract

ILHAM MAULANA IHSAN. NPM 021114332. Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Tingkat Penjualan Produk AMDK (Equado) Pada PT. Rahayu Sejahtera Abadi. Dibawah bimbingan HERDIYANA dan ADITYA PRIMA YUDA. Tahun 2019. PT. Rahayu Sejahtera Abadi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam usaha produksi air mineral dalam kemasan (AMDK). PT. Rahayu Sejahtera Abadi harus mampu memiliki saluran distribusi yang tepat, seperti menentukan jumlah perantara. Perusahaan juga harus mampu memperhitungkan biaya yang dikeluarkan untuk membiayai kegiatan distribusi tersebut. Biaya pendistribusian dikeluarkan untuk memperlancar proses distribusi sehingga akan mampu meningkatkan hasil penjualan. Akan tetapi terjadi masalah/gap pada tahun 2016 dan tahun 2017 yaitu penurunan penjualan yang cukup signifikan. Hal ini tidak sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh saluran distribusi terhadap peningkatan penjualan PT. Rahayu Sejahtera Abadi. Penelitian ini menggunakan data jumlah distributor, biaya transportasi, biaya pemuatan dan data penjualan dengan metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif statistik sebagai berikut geometric mean, regresi dan korelasi linier berganda, koefisien korelasi dan koefisien determinasi, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas), uji hipotesis t dan hipotesis f dengan menggunakan perhitungan dari program software SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 23. Hasil dari analisis yang dilakukan dapat diketahui analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 901891988,028 + -29309958,692 Jd + -2,139 Bt + 102,508. Ini berarti jika semua variabel bebas memiliki nilao nol (0) maka nilai variabel penjualan (Y) sebesar 901891988,028, nilai koefisien jumlah distributor untuk variabel X1 sebesar - 29309958,692. Hal ini mengandung arti bahwa setiap penambahan jumlah distributor 1 satuan, maka variabel penjualan (Y) akan turun sebesar 29309958,692, nilai koefisien biaya transportasi untuk variabel X2.1 sebesar -2,139. Artinya bahwa setiap kenaikan biaya transportasi satu rupiah maka variabel penjualan (Y) akan turun sebesar 2,139, nilai koefisien biaya pemuatan variabel X2.2 sebesar 102,508. Artinya bahwa setiap kenaikan biaya pemuatan satu satuan maka variabel penjualan (Y) mengalami peningkatan sebesar 102,508. Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,932 mendekati 1 maka hubungan kuat dan koefisien determinasi 0,869 atau 86,9% yang artinya 86,9% tingkat penjualan dipengaruhi oleh saluran distribusi , sisanya sebesar 13,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dengan menggunakan uji t untuk variabel jumlah distributor, nilai thitung < ttabel (-1,760 < 2,306), maka Ho diterima. Atau berdasarkan signifikansi, karena signifikansi lebih dari 0,05 (0,129 > 0,05), maka Ho diterima. Artinya secara parsial variabel jumlah distributor tidak berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Untuk variabel biaya transportasi, nilai thitung < ttabel (-0,395 < 2,306), maka Ho diterima. Atau berdasarkan signifikansi, karena signifikansi lebih dari 0,05 (0,707 > 0,05), maka Ho diterima. Artinya secara parsial biaya transportasi tidak berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Untuk variabel biaya pemuatan, nilai thitung > ttabel (6,294 > 2,306), maka Ho ditolak. Atau berdasarkan signifikansi, karena signifikansi kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05), maka Ho ditolak. Artinya secara parsial biaya pemuatan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Dengan menggunakan uji f, tingkat signifikansi sebesar 0,005 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa variabel saluran distribusi secara simultan berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Kata Kunci : saluran distribusi, tingkat penjualan produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:25
Last Modified: 30 Aug 2022 02:25
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item