PENERAPAN MEDIA GAMBAR KOMIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PARUNG KABUPATEN BOGOR

Herdiani, Dinda Dania and Mahajani, Tri and Talitha, Stella (2019) PENERAPAN MEDIA GAMBAR KOMIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PARUNG KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PBSI DINDA.pdf

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK Dinda Dania Herdiani: Penerapan Media Gambar Komik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Rakyat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Parung Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Media Gambar Komik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Rakyat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Parung Kabupaten Bogor, serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik dalam menulis teks cerita rakyat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, non tes berupa observasi dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita rakyat, sementara angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik pada saat proses belajar mengajar menggunakan media gambar komik dalam menulis teks cerita rakyat. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan media gambar komik dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerita rakyat dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 39,53. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf tidak mampu dalam menulis teks cerita rakyat. Sementara itu, pada hasil postes mengalami peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis teks cerita rakyat menjadi 90,89 dengan taraf sangat mampu. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 51,36. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh t0,01 = 2,38. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,67<2,78>2,38. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh setiap peserta didik dalam menulis teks cerita rakyat terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 38% mengalami kendala pada saat membuat menulis teks cerita rakyat, kemudian 50% masih mengalami kendala dalam menyusun kerangka cerita rakyat, mengembangkan kerangka cerita rakyat 56%, lalu kendala dalam membuat teks cerita rakyat melalui media gambar komik 38%, dan kendala keseluruhan kegiatan bekajar mengajar 38%. Dengan demikian, penerapan media gambar komik dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita rakyat. Kata Kunci: Keterampilan menulis teks cerita rakyat, media gambar komik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:37
Last Modified: 19 Sep 2022 02:42
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3007

Actions (login required)

View Item View Item