Pangesti, Natasya Hikmah and Hidayat, Rais and Karmila, Nita (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sindangkarsa 2 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2021 PGSD NATASYA.pdf Download (61kB) |
Abstract
Natasya Hikmah Pangesti. 037117064. Pengaruh Penerapan Model Discovery learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pengolahan dan Penyajian Data. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuasi desain dua group. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V-A dan V-B di SD Negeri Sindangkarsa 2 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada nilai rata-rata N-gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 61 dengan ketuntasan hasil belajar 73% sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 38 dengan ketuntasan hasil belajar 50%. Selain itu pengujian hipotesis dua arah yang menunjukan thitung 4,0816 > ttabel sebesar 1,9977 dengan dk 64 dan taraf signifikan 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri Sindangkarsa 2 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 12:35 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 12:35 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/303 |
Actions (login required)
View Item |