Analisis Tata Letak Guna Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Pada Puskesmas Cicurug

Puspitasari, Devi and Jaenudin, Jaenudin and Farradia, Yuary (2019) Analisis Tata Letak Guna Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Pada Puskesmas Cicurug. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI DEVI PUSPITASARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Devi Puspitasari, 021115231. Analisis Tata Letak Guna Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Pada Puskesmas Cicurug. Pembimbing: Jaenudin dan Yuary Farradia. 2019. Puskesmas Cicurug merupakan layanan publik yang bertempat di Jalan Siliwangi No 113 Kec. Cicurug Kab. Sukabumi Jawa Barat Indonesia, 43359. Tata letak yang ada pada Puskesmas Cicurug kurang efektif, karena masih terdapat beberapa ruangan kosong yang pada dasarnya ruangan tersebut dapat dimaksimalkan dan terdapat pula beberapa ruangan yang dalam penempatannya tidak sesuai dengan alur kerja, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya penumpukan pasien yang mengakibatkan arus kerja dan arus pasien tidak lancar bahkan memperlambat waktu layanan. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tata letak awal Puskesmas Cicurug serta untuk menganalisis penataan tata letak Puskesmas Cicurug mampu meningkatkan efektivitas pelayanan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Activity Relationship Chart yaitu metode untuk mengetahui derajat hubungan kedekatan setiap ruangan. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data layanan kesehatan Puskesmas Cicurug, frekuensi penggunaan ruangan, jumlah pengunjung, waktu pelayanan, dan layout awal Puskesmas Cicurug. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa individual, yaitu sumber data yang unit analisis nya merupakan respon setiap orang/individu. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa dengan melakukan Re-Layout pada Puskesmas Cicurug, maka dapat meningkatkan efektivitas. Karena dengan melakukan perbaikan layout menjadi lebih baik, aman, dan nyaman, maka arus kerja akan menjadi lebih lancar dan tepat waktu. Sehingga layout merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kelancaran proses kerja, kenyamanan, dan keamanan. Karena dengan penataan layout yang baik maka dapat meningkatkan efektivitas pelayanan. Sehingga dengan waktu kerja yang lebih cepat, maka pasien yang terlayani akan semakin banyak. Kata Kunci: tata letak, efektivitas pelayanan, dan Activity Relationship Chart.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:37
Last Modified: 30 Aug 2022 03:37
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3086

Actions (login required)

View Item View Item