VALLIANO, DAVID and SIREGAR, MARIANA R.A and ADINUGRAHA, YOGAPRASTA (2019) REPRESENTASI HASRI AINUN HABIBIE SEBAGAI PENDAMPING PEJUANG INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKA FILM HABIBIE & AINUN). Skripsi thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA.
Text
CamScanner 08-30-2022 11.07.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna denotasi dan konotasi simbol verbal dan non verbal tokoh Hasri Aiman dalam film Habibie dan Ainun untuk mengetahui bagaimana mitos Hasri Ainun sebagai Pendamping pejuang Indonesia yang ada di film Habibie dan Ainun, dan untuk mengetahui bagaimana representasi tokoh Hari Aimum dalam film Habibie & Ainun Penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Penulis akan mengamati objek dan berusaha mengungkap makna audio visual dalam Film Habibie dan Ainun Penulisan mengenai analisis makna denotasi dan konotasi verbal dan non verbal dalam film Habibie & Ainum ini, penelitiaan akan dilakukan selama bulan September hingga bulan November 2019. Objek penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah film Habibie dan Ainun. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah denotasi biasanya dimengerti sebagai makna harfiah, makna yang "sesungguhnya", bahkan kadang kala juga dirancukan dengan referensi atau acuan (Sobur, 2009.70). Konotasi adalah makna baru yang diberikan pemakaian tanda sesuai dengan keinginan, latar belakang pengetahuan, atau konvensi baru yang ada dalam masyarakatnya (Hoed, 2011:25) Teknik pengumpulan data adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan metode semotika dari Roland Barthes yang berfungsi sebagai alat atau teori untuk mencari makna denotasi dan konotasi verbal dan non verbal dan tanda-tanda Hasri Ainun pada saat membantu dan mendampingi Habibie pada saat tinggal di Munchen, Jerman sampai dengan di Indonesia yang terdapat pada film Habibie dan Ainun. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber data, yaitu membandingkan dan mengecek baik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan cara yang berbeda. Dari hasil pembahasan tentang penelitian ini dapat Direpresentasikan bahwa Ainun adalah sosok perempuan yang lembut, setia, penuh kasih sayang, kuat, pintar dan dengan sosok tersebut membuat Habibie menjadikan Ainun kekuatannya. Ainun yang di gambarkan dalam kegiatan sehari-hari sebagai seorang istri yang pertama adalah taat dan patah terhadap suami ketaatan yang digambarkan oleh Ainun adalah kewajiban seorang istri terhadap suami dalam rumah tanggga. Kedua tidak keluar rumah tanpa izin suami. Ketiga menyenangkan hati suami. Keempat tidak menerima tamu yang dibenci oleh suami Kelima mengatur rumah tangga, tugas seorang istri adalah mengatur rumah tangga (Abdullah, 2014:75), Dilihat dari tanda-tanda yang ada pada film tersebut sehingga menimbulkan tanda-tanda ketika Ainun mendampingi Habibie dari titik Serendah hingga titik tertinggi dihidupnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Penyiaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 04:26 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 04:26 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3124 |
Actions (login required)
View Item |