POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU KEPADA SISWA TUNAGRAHITA SLB AL FAJRI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS

DAMAYANTI, DEVI and Firdaus, Dwi Rini Sovia and Duryatmo, Sardi (2019) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU KEPADA SISWA TUNAGRAHITA SLB AL FAJRI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 08-30-2022 11.52.pdf

Download (887kB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kelainan sejak lahir. Anak berkebutuhan khusus terbagi menjadi sembilan jenis, salah satunya adalah tunagrahita. Tunagrahita adalah orang secara nyata memiliki hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental-intelektual dibawah rata-rata Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus sangatlah penting, namun dibebebrapa daerah masih minim sekolah dan fasilitas yang memadai bagi anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang layak, untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk membuat pola komunikasi interpersonal guru kepada siswa tunagrahita dalam mengembangankan kreativitas. (2) Untuk menidentifikasi kendala dalam mengembangkan kreativitas siswa tunagrahita. (3). Untuk menjabarkan faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas siswa tunagrahita Jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun analisis data yang digunakan adalah komunikasi interpersonal lima sikap positif Devito. Hasil dari penelitian ini adalah pola komunikasi yang terjadi dalam komunikasi interpersonal guru kepada siswa SLB Al Fajri ialah pola bintang Pada Pola ini guru dan siswa saling berkomunikasi, tidak hanya dengan guru saja melainkan dengan orangtua siswa. Kendala yang dihadapi diantaranya adalah, kurangnya guru dalam bidang kesenian, kurang lengkapnya sarana dan prasarana yang menunjang, kurangnya kemampuan ekonomi, wawasan orangtua, dan latar belakang pendidikan orangtua. Faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal yang terdiri dari guru, dan semangat tinggi anak tunagrahita dalam mengembangkan kreativitasnya, sedangkan faktor eksternal adanya dukungan orangtua dan lembaga pemerintah maupun lembaga lain yang membantu SLB baik dukungan materil maupun moril.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Manajemen Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 05:28
Last Modified: 30 Aug 2022 05:28
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3179

Actions (login required)

View Item View Item