Analisis Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pengguna Media Sosial Instagram di Lingkungan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor

NURLAELA, ELA and ZAINI, OKTORI KISWATI and PUDJAWATI, SRI (2019) Analisis Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pengguna Media Sosial Instagram di Lingkungan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI_ELA NURLAELA_021115520_MANAJEMEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_ELA NURLAELA_021115520_MANAJEMEN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ELA NURLAELA 021115520. Analisis Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pengguna Media Sosial Instagram di Lingkungan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan OKTORI KISWATI Z dan SRI PUDJAWATI. 2019. Penggunaan instagram di Indonesia yang sangat pesat menjadikan instagram salah satu lahan potensial untuk berbisnis secara online. Untuk memperluas market share dan meningkatkan penjualan maka para pelaku bisnis di dunia online khususnya instagram perlu melakukan pemasaran untuk mempromosikan produknya dengan beberapa cara, salah satunya menggunakan sistem endorsement atau mempromosikan produknya dengan bantuan artis atau selebgram (Artis Instagram). Pemakaian celebrity endorser harus melalui beberapa pertimbangan, hal yang terpenting untuk celebrity endorser adalah kepercayaan. Konsumen harus percaya bahwa dengan tingkat popularitas selebriti, saat menampilkan gambar tertentu dan itu harus sesuai dengan karakter produk atau dapat mewakili karakter produk yang sedang dipromosikan, namun ditemukan di instagram ada beberapa online shop�online shop yang menggunakan jasa celebrity endorser tidak mewakili karakter produk mereka. Respon yang diharapkan dari konsumen dengan penggunaan celebrity endorser adalah munculnya minat beli. Untuk menganalisis penggunaan celebrity endorser terhadap minat beli konsumen pengguna media sosial instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan celebrity endorser dengan trustworthiness (kepercayaan), attractiveness (daya tarik), expertise (keahlian) yang dimiliki di media sosia instagram dengan nilai interval sebesar 72%, dan minat beli konsumen pengguna media sosial di instagram dengan nilai intervalnya sebesar 66%, serta penggunaan celebrity endorser di instagram memberikan hasil yang cukup efektif dapat meningkatkan minat beli konsumen pengguna media sosial instagram disebabkan pengguna instagram untuk tertarik membeli setelah melihat postingan celebrity endorser didahului dengan mencari informasi terlebih dahulu tentang produk tersebut dan lalu memiliki minat untuk membeli. Saran untuk penelitian ini hendaknya para pelaku bisnis untuk dapat meningkatkan minat beli hendaknya sebelum menggunakan jasa endorsement harus memperhatikan kecocokan atau kesesuaian selebriti dengan karakter produk sehingga dapat mewakili maksud dari produk tersebut. Memilih selebriti sebagai endorser, pelaku bisnis dapat menempatkan produknya sesuai dengan : 1. Celebrity and Audience Match Up : Selebritis sebagai endorser mencerminkan konsumennya, seorang selebritis akan menjadi pendukung efektif bila memiliki kecocokan dengan khalayak. 2.Celebrity and Brand Match Up : Pengiklanan dengan celebrity endorsement akan melibatkan perilaku, nilai dan penampilan dari selebriti tersebut dengan citra yang diinginkan dari merek yang diiklankan. Para eksekutif menuntut agar citra selebriti, nilai dan perilakunya sesuai dengan kesan yang diinginkan untuk merek yang diiklankan. Misalnya pelaku bisnis mempunyai produk tas dengan karakter mahal, elegan maka sebaiknya gunakan selebriti Syahrini sebagai endorser yang memiliki citra glamor, elegan sehingga pesan dalam iklan yang akan disampaikan sesuai dengan yang diharapkan. Celebrity endorser harus memahami dengan benar produk/jasa yang akan dipromosikan, agar tampilan, caption (judul) foto produk/jasa yang akan diposting dapat menarik perhatian pengguna instagram sehingga mendapat respons like banyak dan melakukan pembelian terhadap produk tersebut Kata Kunci: Celebrity Endorser, Minat Beli

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:05
Last Modified: 30 Aug 2022 06:05
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3209

Actions (login required)

View Item View Item